TPA, KB, DAN RA MASYITHOH MERTASINGA CILACAP GUGAH KOMITMEN ORANG TUA SEBAGAI PENDIDIK UTAMA BAGI ANAK MELALUI SEMINAR PARENTING

510 views

Dilatarbelakangi oleh keterbatasan waktu dan kemampuan dalam mendidik anak, akhirnya orangtua menyerahkan tanggungjawab dalam mendidik anak ke pihak sekolah, termasuk lembaga PAUD. Hal itu menjadikan ada orangtua yang beranggapan bahwa tanggungjawab dalam mendidik anak sudah berpindah menjadi milik guru PAUD. Padahal guru PAUD hanya mendidik anak-anak sekitar 3 hingga 4 jam setiap hari. Sedangkan sisanya, yaitu sekitar 20 jam anak berada di lingkungan keluarga bersama dengan orangtuanya. Pada sisa waktu itulah orangtua sebenarnya memainkan perannya kembali sebagai pendidik yang utama bagi anak, bahkan orangtua juga merupakan pendidik yang pertama bagi anak karena di lingkungan keluargalah anak pertama kali mendapatkan pendidikan dari orangtuanya. Untuk menggugah komitmen peran orangtua sebagai pendidik utama bagi anak itulah kemudian TPA, KB, dan RA Masyithoh Mertasinga Cilacap menyelenggarakan kegiatan seminar parenting.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini Dr. Novan Ardy Wiyani, M.Pd.I, dosen Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) FTIK IAIN Purwokerto. Pada presentasinya, ia mengungkapkan bahwa kewajiban orangtua dalam mendidik anak dilandasi oleh QS. at-Tahrim ayat 6. Pendidikan anak yang diselenggarakan oleh orangtua pada dasarnya ditujukan agar anak menjadi pribadi yang sholeh/sholehah sehingga anak tidak hanya mendapatkan keselamatan di dunia saja, tetapi juga di akherat. Konsekuensi dari hal itu adalah orangtua idealnya lebih mengoptimalkan pengembangan otak kanan (kecerdasan emosional dan spiritual/ESQ) daripada otak kiri (kecerdasan intelektual/IQ). Terlebih lagi hasil riset menunjukkan bahwa kesuksesan pada anak di masa dewasanya sebagian besar dipengaruhi oleh kecerdasan emosional dan spiritualnya (ESQ), bukan oleh kecerdasan intelektualnya (IQ).

Maryani, S.Pd.AUD selaku kepala PAUD mengamini apa yang disampaikan oleh narasumber. Ia mengungkapkan hal itulah yang menjadikan TPA, KB, dan RA Masyithoh Mertasinga Cilacap memiliki berbagai program kegiatan unggulan yang mengarah pada pembentukan karakter anak usia dini. Kegiatan seminar parenting ini pun salah satunya juga ditujukan agar orangtua memiliki kemauan dan kemampuan dalam membentuk karakter anaknya (NAW).

Spread the love

Leave a Reply