TIGA PILAR PENGEMBANGAN AKADEMIK FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN (FTIK) IAIN PURWOKERTO

228 views

Mengawali siang yang terik, Jumat 5 Januari 2017, terlontar pertanyaan yang saya sampaikan ke Dr. Fauzi, M.Ag, selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik, FTIK-IAIN Purwokerto. Pertanyaan yang saya kirim sederhana saja, “Visi pengembangan akademiki seperti apa yang akan dibangun di FTIK-IAIN Purwokerto ke depan?”

Tanpa menunggu lama, sebuah pesan balasan masuk dengan cukup panjang, yang menjelaskan tiga hal penting yang akan dibangun di FTIK-IAIN Purwokerto, kaitannya dalam pengembangan akademik.

Pertama, budaya belajar. Budaya yang menggerakan seluruh sivitas akademik untuk terus melakukan kegiatan belajar yang intens. Tidak saja belajar di kampus, tetapi belajar di manapun, yang muaranya adalah peningkatan kualiatas pribadi sivitas akademik. Budaya belajar ini akan menjadi komitmen bersama untuk terus belajar pada ilmu pengetahuan, teknologi, tata nilai Islam, sampai sosial budaya. Dengan budaya belajar yang tinggi, sivitas akademik FTIK-IAIN Purwokerto secara personal akan meningkat kualitasnya.

Kedua, budaya prestasi sebagai budaya untuk selalu unggul dalam setiap kompetisi. Budaya belajar yang baik akan dengan sendirinya menjadikan sivitas akademiki memiliki prestasi yang baik karena selalu unggul dalam kompetisi meraih prestasi. Tentu saja, semakin tinggi prestasinya, semakin berkualitas budaya belajar kita. Melalui capaian prestasi akademik dan nonakademik yang dicapai sivitas akademik dari regional, nasional, bahkan internasional ini, maka FTIK-IAIN Purwokerto akan dikenal masyarakat luas sebagai fakultas yang berkualitas.

Ketiga, budaya layanan prima. Menurut, Dr. Fauzi, M.Ag, kita di FTIK-IAIN Purwokerto adalah pelayan dalam bidang pendidikan. Untuk itu, FTIK-IAIN Purwokerto berorientasi untuk bisa memberikan layanan terbaik kepada user dan stakeholder kita. FTIK-IAIN Purwokerto memiliki komitmen dalam memberikan kepuasan pada pelanggan, sehingga tercipta harmoni akademik yang bagus antar sivitas akademik.

Dalam mewujudkan ketiga visi di atas, FTIK-IAIN Purwokerto tarsus melakukan berbagai sinergisitas dalam berbagai kegiatan dan pelayanan, yang muaranya adalah tercapainya budaya belajar dan prestasi sivitas akademik, serta pelayanan yang prima. Dengan tiga visi ini, FTIK-IAIN Purwokerto akan menjadi fakultas unggul dan terbaik di tingkat nasional dalam bidang akademik, yang kemudian akan disusul bidang-bidang lainnya (Redaksi FTIK).

Spread the love

Leave a Reply