Silaturrahim Mahasiswa Thailand dengan Dekan FTIK

744 views

Saat ini Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto telah memiliki ribuan mahasiswa baik dari dalam maupun luar negeri. Mahasiswa luar negeri berasal dari Patani Thailand Selatan, sebanyak 26 orang. Sebagian besar mahasiswa Thailand ini masuk di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, sebanyak 24 orang. Sisanya, masing-masing 1 orang di Fakultas Da’wah dan Fakultas Syari’ah.

Berdasarkan hasil wawancara dengan mahasiswa Thailand pada saat mereka bersilaturrahim dengan Dekan FTIK pada hari Selasa 17 Mei 2016, diperoleh infomasi bahwa kesulitan terbesar mereka adalah bahasa. Kesulitan dalam bahasa ini dirasa sangat berat oleh mereka pada saat awal kedatangan mereka di Indonesia. Kesulitan tersebut menyebabkan mereka kurang mampu berinteraksi dengan masyarakat sekitar tempat tinggal, dengan mahasiswa lain serta dengan dosen. Namun dengan bimbingan bahasa yang intensif dari pihak IAIN Purwokerto serta kemauan untuk belajar yang tinggi dari mahasiswa Thailand, akhirnya mereka bisa menguasai sedikit demi sedikit sehingga kesulitan yang awalnya dirasa sangat berat menjadi lebih ringan.

Adanya kesulitan mahasiswa Thailand dalam bahasa tersebut tidak menyurutkan semangat belajar mereka, karena adanya motivasi dan bantuan dari teman-teman serta dosen. Mahasiswa Thailand mengaku merasa sangat bersyukur telah mendapat kesempatan untuk berkuliah di IAIN Purwokerto. Selain dapat menambah ilmu formal sesuai dengan bidang yang mereka minati, mereka juga dapat belajar ilmu agama, sosial serta dapat belajar budaya Indonesia.

Mahasiswa Thailand yang belajar di IAIN Purwokerto aktif dalam berbagai kegiatan, antara lain aktif di UKM, HMJ dan komunitas. Bahkan ada yang membuat karya sarstra dan telah diterbitkan dalam buku “Rahim puisi”. Buku tersebut merupakan kumpulan puisi sastrawan lima Negara yaitu Brunai, Malaysia, Indonesia, Thailandd an Singapura.

Spread the love

Leave a Reply