Sebanyak 120 Peserta Mengikuti Orientasi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan

859 views

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan- Kegiatan orientasi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan sukses terselenggara pada hari Kamis (20/12). Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB dan bertempat di Hall Perpustakaan IAIN Purwokerto.

Dr. Rohmat, M.Ag., M.Pd. yang sekaligus sebagai Koordinator pelaksana PPG dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan orientasi ini merupakan kegiatan awal dari serangkaian kegiatan PPG.  Rohmat menambahkan bahwa tujuan orientasi PPG adalah untuk memberikan pemahaman kepada peserta PPG tentang tujuan PPG dan teknis pelaksanaan PPG di FTIK IAIN Purwokerto. “Kegiatan orientasi ini penting untuk peserta karena dalam kegiatan ini berisi pemaparan terkait tujuan PPG, tata tertib PPG dan teknis pelaksanaan PPG” ucap Rohmat.

Program Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan (PPG-dalJab) Tahun 2018 merupakan program Kementerian Agama dalam rangka memfasilitasi guru-guru untuk mendapatkan sertifikat pendidik. FTIK IAIN Purwokerto dipercaya oleh Kementerian Agama untuk menyelenggarakan kegiatan PPG-dalJab untuk Guru-guru RA. Untuk tahun ini FTIK IAIN Purwokerto masih sebagai mitra dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, namun untuk PPG tahun berikutnya FTIK IAIN Purwokerto akan menjadi penyelenggara PPG secara mandiri. Hal ini seperti disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Munjin, M.Pd.I. “untuk tahun ini kita masih sebagai mitra dari UIN Yogyakarta, untuk tahun berikutnya kita bisa menjadi penyelenggara secara mandiri” Ucap Munjin.

Jumlah peserta PPG-dalJab FTIK IAIN sebanyak 120 peserta dari berbagai RA di Jawabarat dan Banten. Dari 120 peserta tersebut kemudian akan dibagi menjadi empat rombongan belajar sehingga tiap rombel rata-rata terisi oleh 30 peserta.

Program PPG ini akan dilaksanakan selama kurang lebih 4 – 5 bulan sesuai jadwal yang telah dibuat oleh UIN Sunan Kalijaga.  Secara garis besar rangkaian program PPG dibagi menjadi 3 kegiatan yaitu perkuliahan, lokakarya, dan praktik pengalaman lapangan. Dalam pelaksanaannya perkuliahan PPG akan dipandu oleh dosen FTIK IAIN Purwokerto yang memenuhi kualifikasi. (ftw)

Spread the love

Leave a Reply