SADAR AKAN PERAN KRUSIAL ORANGTUA DALAM MENDIDIK ANAK, KB TUNAS BANGSA 1 DAN KB TUNAS BANGSA 2 DESA CANDUK KOMPAK SELENGGARAKAN PARENTING BAGI WALI MURID

368 views

Orang tua adalah pendidik pertama dan utama bagi anak. Keberhasilan guru PAUD dalam mendidik anak di lingkungan sekolah sangat dipengaruhi pula oleh keberhasilan orangtua dalam mendidik anak di lingkungan keluarga. Hal itulah menjadikan guru PAUD dan orangtua harus melakukan kerjasama yang harmonis dan sinergis dalam mendidik anak. Namun sayangnya belum semua orangtua sadar akan peran krusialnya dalam mendidik anak. Selain itu masih ada juga orangtua yang acuh dan memasrahkan pendidikan anaknya kepada guru PAUD.

Pada sisi yang lain, ada juga orangtua yang memiliki kesadaran akan peran krusial mereka dalam mendidik anak di lingkungan keluarga. Idealnya kesadaran itu harus ada pada semua orangtua. Untuk memunculkan kesadaran tersebut maka TK Tunas Bangsa 1 dan TK Tunas Bangsa 2 Desa Canduk Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas kompak menyelenggarakan kegiatan parenting.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Dr. Novan Ardy Wiyani, M.Pd.I, dosen program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) FTIK IAIN Purwokerto. Dalam presentasinya, ia mengungkapkan bahwa harus ada sinkronisasi kegiatan pendidikan bagi anak di lingkungan sekolah dengan lingkungan keluarga agar tercipta kerjasama yang sinergis dan harmonis antara guru PAUD dengan orangtua.

Ibu Aprilia sebagai guru KB Tunas Bangsa 2 mengungkapkan bahwa selama ini belum semua orangtua mau menjalin komunikasi bahkan kerjasama dengan pihak guru PAUD dalam mendidik anak di lingkungan keluarga. Penyebab utamanya adalah karena faktor kesibukan. Ia berharap setiap orangtua mau meluangkan waktunya untuk menjalin komunikasi dan kerjasama dengan guru PAUD untuk kepentingan pendidikan anak-anaknya. Kesadaran orangtua akan peran krusial mereka dalam mendidik anak harus diwujudkan dalam upaya mendidik anak secara intensif di lingkungan keluarga serta menjalin kerjasama dengan guru PAUD dalam mendidik anaknya (NAW).

Spread the love

Leave a Reply