Praktikum Manajemen Administrasi Perkantoran Mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam

181 views

Purwokerto. Program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan sukses menyelenggarakan Praktikum Administrasi Perkantoran untuk mahasiswa MPI pada hari Selasa, September 2018 kemarin. Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir pukul 13.00 WIB.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hall Perpustakaan IAIN Purwokerto ini menghadirkan narasumber Dr. Saefudin, M.Ed. pakar Manajemen dari IAIN Purwokerto yang sekaligus Kepala Biro Administrasi Umum Akademik dan Keuangan. Dalam pemaparannya beliau menjelaskan tentang ruang lingkup pekerjaan perkantoran dan cara memanajemen administrasi perkantoran.

Manajemen administrasi perkantoran merupakan kegiatan pengelolaan data, barang dan informasi yang harus dilakukan oleh semua elemen baik organisasi, institusi maupun perusahaan agar tujuan organsisai dapat tercapai. Adapun ruang lingkup aktifitas ini meliputi perencanaan perkantoran, pengorganisasian perkantoran dan pengawasan perkantoran.

Selain memaparkan materi, Dr. Saefudin juga memberikan motivasi kepada seluruh peserta praktikum bahwa prospek lulusan Manajemen Pendidikan Islam di dunia kerja tidak pernah hilang. Lulusan prodi MPI dibutuhkan oleh banyak instansi. Lulusan MPI dapat menjadi kepala sekolah maupun kepala TU di Sekolah, bahkan bisa juga seperti narasumber yaitu sebagai Kepala Biro di Perguruan Tinggi. Kunci dari kesuksesan karier bukan hanya dari IPK yang tinggi tetapi juga dari kemampuan mengorganisasi. Kemampuan ini merupakan soft skill yang tidak diajarkan dibangku kuliah.

Ulpah Maspupah, M.Pd.I. sebagai ketua panitia mengatakan bahwa tujuan kegiatan praktikum manajemen administrasi perkantoran ini adalah untuk membekali mahasiswa MPI tentang tata cara mengelola atau mengorganisasikan elemen kantor sehingga ketika mereka sudah terjun dalam dunia kerja sudah memiliki keterampilan.

Kegiatan praktikum ini diikuti oleh 80 mahasiswa MPI khususnya mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah administrasi perkantoran. “Alhamdulillah praktikum ini dapat berjalan denganlancar sesuai yang direncanakan dan diikuti oleh hamper 80 mahasiswa MPI angkatan 2016 khususnya yang telah mengambil mata kuliah administrasi perkantoran” ucap Ulpah.

Spread the love

Leave a Reply