PROGRAM AN NASYID MAHASISWA PPL-KKN DI THAILAND

763 views

Bakong Pittaya Shcool merupakan salah satu sekolah yang terletak di propinsi Pattani, Thailand. Sekolah ini memiliki empat program tingkatan sekolah yaitu, setara dengan tingkatan TK (an-Nubban), SD(Pratum), SMP(Matium 1) dan SMA(Matium 2). Sekolah ini termasuk sekolah yang bagus di wilayah Pattani, thailand bagian selatan.

Bakong Pittaya School merupakan salah satu propinsi di Pattani bagian Thailand Selatan yang menjadi tempat dimana mahasiswa IAIN Purwokerto melaksanakan program KKN-PPL Internasional. Program KKN-PPL Internasional ini sudah berjalan cukup lama. Pada tanggal 08 November 2017 ini adalah dimana angkatan yang ke-9 diberangkatkan untuk melaksanakan program tersebut selama kurang lebih 5 sampai 6 bulan. Sebelumnya mereka melakukan seleksi tentang pengetahuan umum dan berbagai skill untuk diujikan, agar nantinya mahasiswa yang lolos seleksi itu sesuai yang diharapakan para penguji bahwa mereka lah yang layak untuk di berangkatkan.

Mahasiswa yang lolos dinyatakan mahasiswa yang hebat, karena mereka menguasi berbagai pengetahuan maupun berbagai skill. Alhamdulillah saya termasuk mahasiswa yang lolos seleksi dalam TES program KKN-PPL INTERNASIONAL.  Di sini saya mengajar bahasa melayu dan bahasa inggris dikalangan SD(Pratum). Selain mengajar bahasa saya disini melatih an-Nasyid untuk anak-anak  SMP(Matium 1).

Program an-Nasyid ini sudah berdiri sangat lama yang sebelumnya di bimbing dan dilatih oleh angkatan-angkatan sebelumnya dan sekarang perjuangannya diteruskan oleh saya. Latihan an-nasyid ini dilaksanakan 3 kali dalam waktu 1 minggu. Warga diwilayah Pattani sangatlah menyukai an-Nasyid, karena ketika mereka mendengarkan alunan lagu arab atau sholwat mereka sangat antusia untuk mengikuti bait demi bait dalam sholwat tersebut. Bahkan sholawat yang biasa dilantukan oleh gus Azmi dan Nissa Sabyan sudah terkenal di negara Thaialnd dikalangan orang islam. Bakong Pittaya School memiliki grup An-Nasyid yang bernama grup AN-NAJJAH. Grup An-Najjah ini sering menjadi tamu udangan untuk menampilkan sholawat di acara-acara besar guna untuk menyambut para hadirin yang mengikuti acara tersebut. Selain itu grup an-Nasyid ini sering kali mengikuti lomba-lomba An-Nayid yang diselengrakan di berbagai wilayah di Thailand. (Ni’matul Kh)

Spread the love

Leave a Reply