PRAKTIKUM TADRIS BAHASA INGGRIS

803 views

Pada era globalisasi sekarang ini bahasa Inggris merupakan salah satu aspek penting yang harus dimiliki mahasiswa. Sebab, bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang akan menunjang komunikasi dengan orang lain. Terlebih, saat ini banyak referensi penunjang perkuliahan yang menggunakan bahasa Inggris, sehingga mahasiswa perlu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Demikian disampaikan Bapak Yulian Purnama, S.Pd.,M.Hum dalam pengantarnya sebelum praktikum untuk program Studi Tadris Bahasa Inggris di Gedung Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto hari ini, Jum’at (8/4/2016).

web 4

Mahasiswa antusias mengikuti praktikum

Menurutnya, bahasa Inggris tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi secara langsung tetapi juga menunjang mahasiswa untuk meningkatkan pengetahuan dan perkuliahannya. “Saat ini referensi-referensi terbaru kebanyakan adalah berbahasa Inggris baik cetak maupun online atau internet.” jelasnya.

Karena itu, mahasiswa harus meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan melakukan berbagai aktivitas terkait dengan hal tersebut. “Seperti menulis artikel, mengikuti diskusi, debat, maupun pidato bahasa Inggris. Hal itu selain akan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris juga pengetahuan secara keseluruhan. Misalnya lomba pidato, selain harus pandai berbahasa Inggris, juga harus menguasai tema, kemudian berani berbicara di depan umum dan lainnya,” tambah Yulian.

web 5

Mahasiswa sedang berlatih reading

Alasan-alasan yang disampaikan diatas menjadi dasar pelaksanaan praktikum Program Studi Bahasa Inggris FTIK IAIN Purwokerto. Praktikum dimulai pukul 08.00 dan selesai pada pukul 11.00 WIB. Peserta praktikum adalah mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Inggris.

Antusiasme peserta yang besar menjadikan acara ini berlangsung lancar sesuai target panitia. Yulian menambahkan bahwa praktikum ini akan dilakukan setiap tahun untuk membekali mahasiswa

Spread the love

Leave a Reply