PRAKTIKUM PENULISAN SKRIPSI SUKSES DIGELAR PROGRAM STUDI TADRIS BAHASA INGGRIS

54 views

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Tadris Bahasa Inggris (TBI) sukses menggelar praktikum penulisan skripsi pada hari Senin, (15/10). Kegiatan yang bertempat di gedung Fakultas Tarbiyah dan ilmu Keguruan ruang I.5 ini menghadrikan dua fasilitator berpengalaman yaitu Dr.H.Munjin, M.Pd.I. dan Agus Husein As-sabiq, M.Pd. Adapun peserta dalam praktikum ini adalah mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Inggris semester tujuh.

Dr. Munjin sebagai fasilitator pertama menyampaikan materi tentang cara dan aturan penulisan karya ilmiah berbahasa Inggris. Dalam pemaparannya Munjin menyampaikan bahwa karya tulis ilmiah berbahasa Inggris tidak jauh berbeda dengan karya tulis ilmiah berbahasa Indonesia. Poin penting yang harus diperhatikan dalam menulis karya ilmiah berbahasa Inggris adalah grammer atau gramatikalnya. “Karya ilmiah merupakan karya resmi sehingga harus menggunakan bahasa resmi, grammer atau tata bahasa harus diperhatikan betul” tegas Munjin. Skripsi merupakan laporan penelitian sehingga bahasa yang digunakan harus bahasa baku sesuai dengan kaidah ejaan bahasa Inggris.

Setelah memberikan pemaparan materi selama satu jam, Munjin melanjutkan praktikum dengan membimbing mahasiswa mereview artikel ilmiah yang berbaha Inggris. Tujuan review ini adalah agar peserta terbiasa membaca artikel ilmiah berbahasa Inggris karena kemampuan menulis skripsi akan terasah dengan banyak membaca.

Materi kedua disampaikan oleh Agus Husein As-Sabiq, M.Pd dosen FTIK sekaligus pakar dalam penulisan artikel ilmiah berbahasa Inggris. Dalam materinya Agus lebih menitikberatkan kepada cara menggali ide skripsi dan menuangkan ide tersebut dalam proposal skripsi. Agus menyampaikan materi selama satu jam kemudian dilanjutkan dengan praktik membuat latar belakang skripsi menggunakan Bahasa Inggris.

Antusiasme peserta terlihat dari jumlah peserta yang hadir dan mengikuti acara sampai selesai. Arief salah satu peserta mengaku senang dengan adanya kegiatan praktikum ini karena selain dapat menambah wawasan tentang penulisan skripsi, peserta juga mendapatkan ide untuk skripsinya nanti. “saya sangat senang dan berterima kasih kepada prodi TBI atas terselenggaranya kegiatan ini karena saya dan teman-teman akhirnya mendapatkan ide skripsi” ungkap Arief.

Acara praktikum ini selesai pada pukul 14.00 WIB dan ditutup langsung oleh Bapak Agus Husein As-Sabiq, M.Pd. sebagai Plt. Kaprodi Tadris Bahasa Inggris. Dalam sambutan penutupan Agus berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa TBI. Harapan Agus mahasiswa TBI dapat lulus tepat waktu dengan kualitas skripsi yang baik. (ftw)

Spread the love

Leave a Reply