PRAKTIKUM MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PRODI TADRIS MATEMATIKA TAHUN 2019

410 views

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan-Program studi Tadris Matematika FTIK IAIN Purwokerto telah sukses menyelenggarakan praktikum Media Pembelajaran Matematika pada hari Senin, 9 Juli 2019 di Laboratorium MIPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Kegiatan praktikum ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Program Studi Tadris Matematika angkatan 2017 sebanyak 77 mahasiswa.  Adapun sebagai fasilitator yaitu Heru Aghni Setiaji, M.Pd. dosen muda Tadris Matematika.

Dr. Maria Ulpah, M.Si. selaku kaprodi Tadris Matematika menyampaikan bahwa kegiatan praktikum ini diadakan dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep matematika yang sebagian besar merupakan konsep abstrak. Dengan terlaksananya praktikum ini, selain mahasiswa mudah memahami konsep matematika yang diberikan, mahasiswa juga diharapkan dapat membuat inovasi media pembelajaran berupa alat peraga untuk mempersiapkan diri dalam proses pembelajaran di Sekolah nantinya jika sudah menjadi guru.

Praktikum ini terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama mahasiswa mempraktikan alat peraga pembelajaran matematika untuk siswa SMP. Pada sesi ini konsep yang dipelajari antara lain membuktikan rumus phytagoras, membuktikan luas bangun datar dan membuktikan volume bangun ruang. Kemudian untuk sesi kedua mahasiswa mempraktikan alat peraga untuk siswa SMA. Pada sesi kedua ini mahasiswa mempelajari limit deret geometri, limit deret seperempat, dan peluang suatu kejadian.(ftw)

Spread the love

Leave a Reply