PERAN PENTING MAHASISWA KKN-PPL IAIN PURWOKERTO DALAM PELAKSANAAN BIPA KEMDIKBUD DI THAILAND SELATAN

965 views

Tahun 2018 Pusat Pengembangan Strategi dan dan Diplomasi Kebahasaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia akan mengadakan Uji Kamahiran (UK) Bahasa Indonesia di Thailand Selatan. Untuk mensukseskan progam ini peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)  mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto Internasional di Thiland Selatan 2017-2018 melakukan kerja sama dengan Kemdikbud yang diwakili oleh Dr. Pariyanto, M.Ed.

Kerja sama ini diwujudkan dalam kinerja mahasiswa KKN-PPL FTIK dalam bentuk kegiatan program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) yang berupa pembelajaran bahasa Indonesia oleh mahasiswa KKN-PPL FTIK, pembuatan soal-soal ujian berstandar BIPA, pengkoreksian, sampai penghitungan skor. Kerja sama ini memberikan peluang mahasiswa KKN-PPL FTIK-IAIN Purwokerto berperan aktif dalam ikut membantu siswa dan mahasiswa di Thailand Selatan untuk menguasai keterampilan berbahasa Indonesia sampai mahir.

Kegiatan BIPA yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-PPL FTIK-IAIN Purwokerto ini akan dilaksanakan untuk mahasiswa Jamiyah Islam Syekh Daud Al Fathon Yala (Jisda) dan siswa Ma’had Al Bi’tha Ad Diniyah Yala. Kegiatannya dimulai dengan proses pembelajaran bahasa Indonesia yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-PPL FTIK-IAIN Purwokerto dengan modul yang sudah disediakan oleh Kemdikbud, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan soal, dan pelaksanaan ujian tersebut. Saat proses kegiatan masih dalam pembelajaran intensif yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-PPL FTIK –IAIN Purwokerto, sedangkan Uji Kemahiaran BIPA akan dilaksanakan pada bulan Maret 2018, tepatnya setelah kegiatan belajar mengajar semester genap.

Menurut Dekan FTIK, Dr. Kholid Mawardi, M.Hum, kegiatan kerjasama mahasiswa KKN-PPL FTIK IAIN Purwokerto dengan Kemdikbud ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang diberi tugas untuk KKN dan PPL di Thailand telah aktif dalam tugasnya mengabdi dan mengajar. Mahasiswa aktif untuk ikut berperan dalam mensosialisasikan pengembangan kemampuan BIPA untuk siswa dan mahasiswa di Thailand selatan. Tentu saja, Fakultas sangat mengapresiasi kegiatan ini karena ini menunjukkan sikap nasionalis mahasiswa KKN-PPL FTIK-IAIN Purwokerto yang terus berjuang mengenalkan bahasa Indonesia bagi penutur asing. Semoga kegiatan yang bagus ini akan terus dilanjutkan oleh mahasiswa KKN-PPL nantinya (Liputan Risdianto Hermawan, Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini IAIN Purwokerto).

Spread the love

Leave a Reply