Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

[vc_row][vc_column width=”1/2″][vc_custom_heading text=”Visi” font_container=”tag:h3|text_align:left”][vc_column_text]“Pada tahun 2020 program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah menjadi lembaga pendidikan tinggi yang unggul dalam pengembangan ilmu pendidikan dasar  menuju masyarakat  yang berkeadaban.”[/vc_column_text][vc_custom_heading text=”Tujuan”][vc_column_text]

  1. Menjadi pusat pendidikan Islam yang re­pre­sentatif, unggul, dan kom­peten, yang sesuai tuntutan lembaga profesional.
  2. Menghasilkan guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD) yang profesional, dan memiliki komitmen terhadap keunggulan kompetensi, kom­petitif, dan inovatif.
  3. Menjadi pusat studi yang konsen terhadap pengembangan, pe­nyebarluasan, dan penerapan ilmu pendidikan dasar melalui penelitian, pelatihan, dan peng­abdian pada masyarakat.

[/vc_column_text][vc_custom_heading text=”Kompetensi Lulusan” font_container=”tag:h3|text_align:left”][vc_column_text]Fokus penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Guru Ma­drasah Ibtidaiyah (PGMI) adalah untuk mempersiapkan mahasiswa memasuki dunia profesi di bidang pendidikan dasar, baik Madrasah Ibtidaiyah (MI), mau­pun Sekolah Dasar (SD). Secara lebih spesifik, kompetensi alumni Program Studi Pendidikan Guru Ma­drasah Ibtidaiyah (PGMI) IAIN Purwokerto adalah:

  1. Kompetensi Utama:
  • Menguasai ilmu pendidikan dasar
  • Menguasai metode pembe­lajaran tematik
  • Menguasai materi pendi­dikan dasar
  • Menguasai metodologi pem­belajaran pendidikan dasar dan mampu meng­aplikasikannya
  • Menguasai administrasi pembelajaran
  • Menguasai evaluasi pem­belajaran
  • Menguasai media pembe­lajaran
  • Menguasai metodologi pe­nelitian pendidikan dan eva­luasi di bidang pendidikan dasar
  • Komitmen terhadap profesi guru.
  1. Kompetensi Pendukung:
  • Menguasai teknik atau me­tode bimbingan dan kon­seling
  • Menguasai model-model pembelajaran pendidikan dasar
  • Memiliki kemampuan mem­berikan alternatif pemecah­an masalah pembelajaran pendidikan dasar
  • Menguasai model-model pembelajaran pendidikan dasar alternatif
  • Memiliki kemampuan me­respons secara cerdas pro­blem umat dalam wilayah pendidikan dasar;
  • Memiliki kemampuan baha­sa Arab dan Inggris secara aktif atau pasif.

[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/2″][vc_custom_heading text=”Misi” font_container=”tag:h3|text_align:left”][vc_column_text]

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang pendidikan Islam secara profesional dalam rangka melahirkan ahli dan/ atau praktisi di bidang pendidikan Islam yang memiliki komitmen terhadap nilai-nilai keagamaan dan keadilan.
  2. Mengembangkan penelitian yang inovatif, kreatif, dan profesional di bidang pendidikan dasar.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang pendidikan dasar.

[/vc_column_text][vc_custom_heading text=”Profesi” font_container=”tag:h3|text_align:left”][vc_column_text]Secara lebih spesifik, orientasi profesi alumni Program Studi Pen­didikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAIN Purwokerto adalah:

  1. Profesi Utama:
  • Guru MI maupun SD
  • Peneliti pendidikan pada tingkat pendidikan dasar.
    1. Profesi Alternatif:
  • Pemikir dan penulis di bi­dang pendidikan pada tingkat pen­didikan dasar
  • Praktisi bimbingan dan kon­seling pendidikan dasar
  • Guru pendidikan anak usia dini maupun taman kanak-kanak.

[/vc_column_text][vc_custom_heading text=”Gelar Kesarjanaan” font_container=”tag:h3|text_align:left”][vc_column_text]Gelar kesarjanaan Jurusan Pendidikan Madrasah Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) adalah Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I.).[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Spread the love