MAHASISWA PPL FTIK IAIN PURWOKERTO ADAKAN LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN

675 views

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Minggu, 25 Februari 2018, Siswa-siswa ramai memenuhi Aula MA Al-Ikhsan Beji. Semuanya duduk rapi dengan antusias menanti acara dimulai. Beberapa siswa tampak berbisik mengenai topik yang tertera pada banner di depan. Beberapa siswa terlibat dalam diskusi soal pelajaran seolah dan materi yang akan disampaikan dalam kegiatan ini.

Siswa-siswa yang berjumlah empat puluh ini merupakan anggota dari pengurus OSIS dan Pramuka MA Al-Ikhsan Beji. Semua siswa akan mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang diadakan mahasiswa PPL FTIK IAIN Purwokerto, yang bekerja sama dengan MA Al-Ikhsan Beji.

Kegiatan LDK ini dimulai pada pukul 08.00 WIB, yang dibuka oleh Ahmad Saman, S. Sos.I., selaku Pembina Pramuka MA Al-Ikhsan. Dalam pembukaannya Ahmad Saman,S. Sos.I. menyampaikan apresiasinya atas kegiatan ini karena ini menjadi titik dimulainya kegiatan pembuentukan karakter pemimpin pada siswa. Melalui karakter pemimpin ini, maka siswa setalah dewasa nanti akan memiliki jiwa dan visi kepemimpinan yang bagus.

Untuk itu, karena petingnya kegiatan ini, maka diharapkan kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahun. Karena dengan dilakukan secara bertahap dan koninu, maka karakter dan jiwa kepeimpinan dapat diinternalisasikan pada siswa, sehingga ke depannya dari siswa di MA Al-Ikhsan  kelak akan muncul pemimpin bangsa ini yang amanah dan bertanggung jawab.

Dalam sesi materi, dengan pemateri Arif Munajat, M.Ag., dosen IAIN Purwokerto, menyampaikan materinya terkait dengan dasar-dasar kepemimipinan yang harus disukai oleh setiap induvidu. Sedangkan pemateri kedua, Angga Feri Setyawan, S.Pd.I., dari IAIN Purwokerto menyampaikan tentang manajemen organisasi yang harus dilakukan oleh pemimpin.

 Menurut salah satu mahasiswa PPL FTIK IAIN Purwokerto, yang melaksanakan kegiatan ini, Titi Indrawati, menyampaikan harapannya bahwa kegiatan ini semoga dapat membangkitkan semangat berorganisasi siswa mulai dari OSIS dan Pramuka, serta melatih jiwa kepemimpinan pada setiap siswa. Untuk itu, dengan diadakannya kegiatan LDK ini diharapkan siswa-siswi MA Al-ikhsan Beji khususnya pengurus osis dan Pramuka dapat mengetahui arti dasar kepemimpinan serta dapat menerapkan ilmu-ilmu yang telah diperoleh dalam lingkup organisasi sehingga dapat mencetak generasi para pemimpin yang hebat dan menghebatkan.

Redaksi FTIK

Spread the love

Leave a Reply