MAHASISWA PIAUD FTIK IAIN PURWOKERTO MENDONGENG DI ACARA HAFLAH KHOTMIL QUR’AN TPQ HIDAYATUL MUBTADI’IEN

Sore itu,  Selasa 2 Januari 2018, sebuah pesan masuk ke handphone Kaprodi PIAUD FTIK IAIN Purwokerto, Heru Kurniawan, S.Pd., M.A. Pesan itu dari Tri Rachmijati, M. Pd., Kabag TU FTIK IAIN Purwokerto yang berisi pertanyaan, “Apakah Prodi PIAUD kenal dengan pendongeng hebat yang ada di Purwokerto?”

Dan dengan cepat, Kaprodi PIAUD itu menbalas, “Di Prodi PIAUD,  banyak mahasiswa yang menjadi pendongeng hebat. Dijamin akan membuat anak-anak senang.”

Dari sinilah disepakati bahwa Prodi PIAUD FTIK IAIN Purwokerto akan mengirimkan mahasiswa PIAUD, yaitu Ika Nur Hanifah, yang sudah beberapa kali menjadi juara mendongeng tingkat nasional dengan Ilham Nur Ramli, pesulap berbakat khusus anak-anak, untuk mengisi acara di Haflah Khotmil Qur’an Hidayatul Mubtadi’ien.

Pada waktu yang ditentukan, Minggu 7 Januari 2018, keduanya datang dan mengisi acara yang dihadiri ratusan anak-anak dan orang tua. Penampilan pertama Ilham Nur Ramli menyajikan sulap pantomim yang jenaka. Melihat penampilannya, anak-anak dan orang tua tertawa senang. Semuanya hanyut dalam sulap demi sulap jenaka yang diperagakan Kak Ilham. Acara dipungkasi dengan tepuk tangan penuh rasa senang oleh penonton.

Setelah itu, Kak Hani, kemudian tampil mendongeng yang dipadukan dengan ceramah yang menarik dengan membawakan cerita dan nasihat tentang surga, yaitu enam perkara yang merusak kebaikan. Perpaduan ceramah dengan gaya dongeng yang menarik membuat anak-anak dan orang tua senang dan gembira. Dalam ceramah dongeng itu ada kelucuan yang menarik dan ada nasihat yang dapat dipahami oleh anak-anak dan orang tua.

Menanggapi hal ini, Kaprodi PIAUD FTIK IAIN Purwokerto menyampaikan bahwa inilah yang sedang dikembangkan di PIAUD. Mahasiswa dibekali keterampilan kreativitas dalam menginovasi keilmuan yang didapat di PIAUD. Dengan inovasi keilmuan ini, mahasiswa kelak akan bisa mengembangkan ilmunya secara kreatif sehingga akan banyak dibutuhkan masyarakat. Dari situlah alumni PIAUD FTIK IAIN Purwokerto kelak akan dikenal, dibutuhkan, dan mandiri karena memiliki daya saing yang tinggi melalui pengembangan inovasi keilmuan pendidikan anak usia dini yang menjadi ciri khas PIAUD FTIK IAIN Purwokerto (Redaksi FTIK).

Spread the love

Leave a Reply