MAHASISWA PGRA IAIN PURWOKERTO JUARAI LOMBA MUSABAQAH QIROATIL KUTTUB (MQK)

1,236 views

Tanggal 8 Mei 2016 lalu, mahasiswa  PGRA IAIN Purwokerto Juarai lomba MQK yang diadakan oleh Pesantren Mitra IAIN PWT yaitu pondok pesantren Elfira.

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Semester 4, Abda billah Faza Muhammad Khan Bastian, menjadi juara I lomba Musabaqah Qiroatul Kuttub, lomba tersebut diselenggarakan oleh pondok pesantren Elfira. Kitab yang dilombakan tidaklah mudah, yaitu kitab Syarah Fathul Qorib. Sungguh kebanggaan bagi prodi PGRA IAIN bahwa mahasiswanya menjuarai lomba baca kitab kuning. Padahal, peserta yang mengikuti lomba itu banyak, yang semua peserta itu berasal dari berbagai pondok pesantren ternama di Banyumas. Menurut Kaprodi PGRA, Heru Kurniawan, M.A. mengatakan bahwa sangat bangga kepada mahasiswanya, selain fokus pada prestasi akademis dan kreatifitas ajang lomba keagamaan seperti itu juga bisa diikuti apalagi sampai jadi juara.

Memang lomba membaca kitab kuning merupakan lomba yg membutuhkan keterampilan dan pengetahuan yang dalam. Abda Fazs berbagi cerita, “awalnya saya tidak tahu kalo bisa sampai memperoleh juara apalagi juara I, sebelum maju saja saya sempat mengantuk Karna dapat nomer urut pertengahan dan sempat menunggu jeda istirahat yang terlalu lama. Tapi, karena saya memang suka dan mendalami materi lomba. Saya tidak ada kesulitan dalam lomba ini. Semoga kemeangan ini menjadi motivasi teman-teman mahasiswa di PGRA untuk terus berprestasi dalam bidang keislaman dan keilmuan  [Almi Kurnia Sari].

Spread the love

Leave a Reply