MAHASISWA PGMI KEMBALI BERPRESTASI: MENJADI JUARA KEDUA PEMUDA PELOPOR JAWA TENGAH DALAM BIDANG PENGABDIAN PENDIDIKAN MASYARAKAT

649 views

Hamid Samiaji, yang biasa dipanggil Hamid adalah sosok mahasiswa yang selalu khas: sederhana, pendiam, dan kreatif. Hal ini terbukti bahwa sejak duduk di bangku kuliah semester tiga, di Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Purwpkerto berbagai prestasi di tingkat nasional telah diraih, mulai dari Karya Ilmiah di UIN Jakarta, UGM, dan terakhir di Univ Nahdlatul Ulama Purwokerto.

Dan di tahun 2017, prestasi terbarunya adalah Juara 2 Pemuda Pelopor Tingkat Jawa Tengah dalam Bidang Pengabdian Pendidikan Masyarakat. Perjalanan prestasinya ini dimulai pada bulan Agustus, saat dirinya ikut kompetisi pemuda pelopor yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dinpora). Dengan pengabdiannya selama menjadi mahasiswa di masyarakat yang tak kenal lelah mengantarkan M. Hamid Samiaji menjadi juara satu, dengan berhak meraih trophy, sertifikat, dan uang pembinaan sebesar 3 juta rupiah.

Sukses menjadi juara di tingkat Kabupaten Banyumas, M. Hamid Samiaji pun dikirm untuk mewakili Banyumas ke tingkat Jawa Tengah. Setelah melalui seleksi dan Fact Finding yang ketat, M. Hamid Samiaji bisa meraih juara 2. Padahal sebenarnya Hamid punya mimpi menjadi juara 1 agar bisa berkompetisi di tingkat nasional. Namun M. Hamid Samiaji pun bersyukur bisa menduduki peringkat kedua dengan mengalahkan puluhan pemudia utusan tiap kabupaten di Jawa tengah.

Atas prestasinya ini, M.Hamid Samiaji pun diundang oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk mengikuti upacara bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2017 di Alun-alun Cilacap. Dalam upacara bendera itu, M. Hamid Samiaji mendapatkan penghargaan sebagai juara 2 pemuda pelopor Jawa Tengah dengan mendapatkan Trophy dan Uang pembinaan 7 juta rupiah yang diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah.

Atas prestasinya ini, harapan M. Hamid Samiaji adalah semoga mahasiswa-mahasiswa FTIK IAIN Purwokerto, di tengah kesibukan dalam tugas kuliah, bisa juga memberikan pengabdian pada masyarakat, melalui mengajar TPQ, kreativitas, pendampingan belajar, usaha, dan sebagainya. Sehingga sejak muda mahasiswa sudah ditempa menjadi individu yang berkualitas dan mampu memberikan ilmu dan berprestasi untuk kampus tercinta IAIN Purwokerto.

Atas prestasi mahasiswa FTIK ini, Dekan FTIK, Dr. Kholid Mawardi, M.Hum, memberikan apresiasinya pada M. Hamid Samiaji, yang tidak hanya memberikan prestasi bagi kampus, tetapi memberikan pengabdian pada masyarakat. Semoga tekad dan semangatnya menginspirasi mahasiswa FTIK lain untuk mau membagi ilmunya yang didapat di kampus ke masyarakat, sehingga mahasiswa FTIK bisa memberikan kontribusi terhadap kemajuan masyarakat, dan memberikan lebih banyak prestasi untuk kampus tercinta. Semoga tahun depan, juara Pemuda Pelopor tingkat nasional bisa diraih oleh mahasiswa IAIN Purwokerto (Liputan Risdianto Hermawan, mahasiswa PIAUDIAIN Purwokerto).

Spread the love

Leave a Reply