Mahasiswa MPI IAIN Purwokerto Sukses Mewakili Indonesia di Event Global Goals Summit 2020

428 views

Global Goals Summit 2020 adalah sebuah International Conference yang diselenggarakan oleh Studec Internasional, yang dilaksanakan pada tanggal 23 s.d 25 Januari 2020 di Kuala Lumpur, Malaysia. Event ini berfungsi sebagai sarana anak muda dunia untuk menuangkan ide mengenai penyelesaian permasalahan dunia. Model kegiatan dilaksanakan dengan full-day leadership dan self-developing training yang mana akan sangat bermanfaat bagi pengembangan pribadi anak muda. Tercatat sebanyak 150 anak muda yang terpilih dari 31 negara dunia mengikuti event bergengsi ini. Salah satunya adalah Ade Cahya Ningsih mewakili Indonesia, yang saat ini menjadi mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam IAIN Purwokerto semester 6.

Kami diharuskan mengemukaan mengenai visi misi dan gagasan kami mengenai bagaimana mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 yang dicetuskan oleh PBB, saya pribadi mengangkat SDGs nomor 4 yaitu Quality Education berjudul The Revolution of Character Buildings for The Better Sociality in 2030, karena memang basic saya disitu, jelas Ade.

Event tahunan ini merupakan pelaksanaan yang kedua kalinya dilaksanakan di Kuala Lumpur, Malaysia. Pada tahun ini penyelenggara mengundang beberapa pembicara internasional yang berkiprah dalam perwujudan SDGs. Di antaranya Dong Chan Kim (UN Habitat South Korea), Vania F. Herlambang (SDGs Ambassador of Indonesia), Manuel Bergmann (Founder Coaching For Cause), Prof. Betania Kartika (Head of Halal Awareness Malaysia), Davina Goh (Actrees, Plant-Based Lifestyle Advocat), Safaath Ahmed Zahir (UN Youth Ambassador), Yvonne Teo, dan lain-lain.

Ketika kegiatan berlangsung, seluruh delegasi wajib berbahasa Inggris. Di sini mereka akan mengembangkan bagaimana kemampuan interpersonal satu sama lain dari background yang berbeda-beda. Peserta dituntut untuk dapat bekerja sama tim bersama dengan delegasi negara lainnya ketika mempresentasikan gagasan mengenai perwujudan SDGs. Akhir dari rangkaian kegiatan ini ditutup dengan Youth Action yakni kunjungan ke beberapa Refugees House yang ada di Malaysia.

Sangat senang dapat bertemu kawan baru dari negara lain, mereka sangat friendly dan saya harap kami semua dapat terus berteman walaupun event ini telah selesai. Dan juga, semoga dengan adanya Global Goals Ambassador ini, bisa menjadi inspirasi untuk semuanya dan bukan menjadi sebuah formalitas saja melainkan ada sebuah aksi nyata di dalamnya. Entah itu dimulai dari hal kecil sekali pun, tegas Ade.

Spread the love

Leave a Reply