MAHASISWA KKN-PPL INTERNASIONAL FTIK-IAIN PURWOKERTO MEMBIMBING KUNJUNGAN ILMIAH PELAJAR SANGTHAM SUKSA PATTANI SCHOOL THAILAND

501 views

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, salah satu tugas penting yang diamanatkan FTIK-IAIN Purwokerto pada mahasiswa KKN-PPL Internasional FTIK-IAIN Purwokerto adalah pengembangan akademik-ilmiah sekolah. Mahasiswa KKN-PPL Internasional FTIK-IAIN Purwokerto pun dituntut memiliki inisiatif dan peran aktif dalam menciptakan iklim akademik ilmiah di sekolah tempat mereka KKN-PPL. Dan salah satu implementasi yang dilakukan adalah menjadi pendamping utama dalam kunjungan ilmiah yang dilakukan oleh Sangtham Suksa Pattani School Thailand.

Tepatnya pada 24-25 Januari 2018, dua mahasiswa KKN-PPL Internasional FTIK-IAIN Purwokerto, Kurniawan Catur A. dan M. Imron Rosyadi menjadi ketua pemandu dan pendamping dalam kunjungan ilmiah pelajar Shangtam Suksa Pattani School Thailand ke Politeknik Tuanku Sultanah Bahiyah Kedah Malaysia. Kegiatan rutin ini, yang sudah berjalan 3 tahun, diikuti oleh pelajar kelas mattayyoom empat yang berjumlah dua puluh empat orang dengan didampingi oleh dua guru agama dan tiga guru akademik.

Kunjungan ilmiah pelajar Shangtam Suksa Pattani School Thailand ini berangkat dari pukul 06.00 pagi waktu setempat, dan sampai di Politeknik Tuanku Sultanah Bahiyah Kedah Malaysia pada pukul 15.00 waktu setempat dengan disambut oleh jajaran dosen dan para petinggi kampus dengan ramah dan antusias.

Kegiatan ini diisi dengan paparan ilmiah para dosen Politeknik Tuanku Sultanah Bahiyah Kedah Malaysia tentang pengembangan teknologi di kampusnya, serta tantangan perkembangan teknologi yang tengah terjadi. Para pelajar Shangtam Suksa Pattani School Thailand sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut, dan selesai pemaparan terjadi dialog dan diskusi intensif yang terjadi antara siswa dengan para dosen.

Dengan kegiatan ini, maka Menurut Kurniawan Catur A., mahasiswa KKN-PPL Internasional FTIK-IAIN Purwokerto, diharapkan kunjungan ini mampu mengenalkan kepada pelajar bahwa perkembangan teknologi sekarang ini sudah sangat pesat. Sudah saatnya para generasi muda menjadi subjek dari perkembangan tersebut. Para pelajar diharapkan dapat berperan aktif dalam perkembangan teknologi dengan berposisi sebagai produsen. Dengan adanya ladang teknologi, diharapkan para pelajar mencurahkan kreativitas mereka. Khususnya dalam hal menciptakan karya teknologi yang bermanfaat bagi orang lain.

Menurut Ustadz Abdul Karim Sa’we, Kepala bagian Kurikulum dan Keagamaan Sangtham Suksa Pattani School Thailand, dalam kegiatan ini, mahasiswa KKN-PPL internasional FTIK-IAIN Purwokerto berperan sebagai mediasi pemaparan motivasi kepada seluruh pelajar tentang arti penting kreativitas yang harus dimiliki pelajar sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan yang dimiliki. Dengan adanya kegiatan ini, dan ikut sertanya mahasiswa dari IAIN Purwokerto, selain menambah wawasan dan pengetahuan, mereka mampu memotivasi semangat para pelajar dalam pengembangan kreatifitas diri lewat dunia teknologi yang mereka dapatkan selama kunjungan berlangsung. Redaksi FTIK

Spread the love

Leave a Reply