Koordinasi HMJ PBA dengan Kajur dan sekjur PBA

204 views

Pada hari Selasa tanggal 20 Agustus 2019, bertempat di ruang H-5, telah diadakan pertemuan koordinasi oleh pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) FTIK IAIN Purwokerto dengan pimpinan Program Studi/ Jurusan PBA

Koordinasi ini terlaksana dilatarbelakangi oleh perlunya sinkronisasi program kerja pengurus HMJ dengan program kerja Prodi/ Jurusan PBA agar semua kegiatan yang diadakan oleh warga PBA dapat berjalan dengan baik, saling mendukung dan terpadu.

Dari pengurus HMJ PBA hadir pengurus harian; ketua, wakil ketua, sekretaris dan bendahara. Hadir pula pengurus bidang Pendidikan dan Olahraga, pengurus bidang Sosial, Ekonomi, dan Kewirausahaan, pengurus bidang Kesatuan Bangsa dan Politik, dan pengurus bidang advokasi dan Komunikasi.  Sedangkan dari pimpinan Prodi/ Jurusan PBA dihadiri oleh Kajur Ali Muhdi,MSI dan Sekjur Enjang Burhanuddin Y. MPd.

Pertemuan diawali dengan pembukaan dan pembicaraan ringan tentang keadaan kabar pribadi masing-masing personil HMJ. Selanjutnya Kajur PBAmemaparkan program kerja yang telah dilaksanakan dan yang belum terlaksana di Prodi/ Jurusan PBA seperti Praktikum, Workshop, beserta anggaran dana yang tersedia.

Setelah itu, sekjur PBA menambahkan informasi beberapa kegiatan mahasiswa yang telah didampingi seperti lomba debat bahasa Arab dalam acara PIONIR di Malang dan lainnya. Disampaikan pula  adanya kegiatan-kegiatan terkait pengembangan prestasi  bahasa Arab lainnya yang potensial diikuti oleh mahasiswa PBA di masa yang akan datang.

Berikutnya, ketua dan wakil ketua pengurus HMJ menyampaikan program-program kerja yang ada di HMJ-PBA beserta kondisi terkini yang ada. Dimulai dari pengurus harian menyampaikan beberapa kegiatan dari program yang telah terlaksana dengan segala pendukung dan kendalanya, seperti Bakti Sosial dan Pengabdian Bahasa di kampung Rahayu Purwokerto. Demikian juga beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan berikutnya di bulan September hingga Oktober 2019, seperti Semarak Bahasa Arab (SBA) 2019 dan lainnya.

Dalam pertemuan ini, disampaikan pula permasalahan atau kendala yang dirasakan oleh selama ini dalam menjalankan roda kepengurusan HMJ PBA, sehingga diperlukan keterlibatan pimpinan Prodi/ Jurusan PBA untuk memberikan masukan, saran, dan solusinya.

Pengurus HMJ juga memberikan informasi tentang banyaknya kegiatan terkait pengembangan minat dan bakat, termasuk lomba-lomba berbahasa Arab yang diadakan oleh lembaga atau kepanitian di luar kampus yang dapat diikuti oleh teman-teman mahasiswa PBA.

Selanjutnya Kajur dan Sekjur PBA memberikan tanggapannya terkait program kerja pengurus HMJ PBA dan permasalahan baik bersifat teknis maupun non teknis yang dihadapi, termasuk di dalamnya masalah pendanaanya. Ada beberapa solusi dan opsi yang dapat ditempuh oleh pengurus HMJ agar kegiatan utama yang ada dalam program kerja pengurus dapat berjalan dengan lancar seiring dengan prestasi akademik yang juga tidak boleh dilupakan.

Diakhir pertemuan, setelah disimpulkan pokok persolan yang ada, pimpinan Prodi/ Jurusan dan pengurus HMJ merumuskan kegiatan prioritas dan terdekat yang akan dilaksanakan, agar semua program dapat berjalan dengan baik dan lancar, dan manfaatnya dapat dirsakan oleh semua pihak terkait.

Spread the love

Leave a Reply