Komunitas SIGMA Tadris Matematika Meriahkan PBAK FTIK 2019 dengan Membawakan Tarian Roro Jonggrang

434 views

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan – Rabu, 17 Agustus 2019 Komunitas Aksi Generasi Matematika yang kerap kali disebut SIGMA menampilkan sebuah tarian yang merupakan identitas komunitas SIGMA sendiri. Kali ini, tarian roro jonggrang yang merupakan cerita rakyat populer dari Jawa Tengah dan Yogyakarta ditampilkan di panggung pentas seni dalam rangka PBAK Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Cerita rakyat yang mengisahkan tentang cinta seorang pangeran kepada seorang putri yang membuatnya berakhir dengan mengenaskan karena menipu sang pangeran ini, dipercaya merupakan latar belakang asal muasal candi prambanan. Komunitas SIGMA dengan antusias membalut kisah ini dalam sebuah tarian tradisional yang sistematis. Pasalnya latihan serta persiapan properti dilakukan sejak bulan Juli dangan pemain berasal dari Pengurus SIGMA. Pemeran dalam tarian ini sendiri terdiri dari Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso, beberapa dayang, jin, serta candi yang merupakan satu kesatuan.

Tarian tradisional yang ditampilkan juga bertujuan memupuk semangat persatuan dan kesatuan serta sebagai bentuk pelastarian budaya yang pada kali ini diadakan pada peringatan hari besar Indonesia, Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74. Sebagai bentuk pengenalan komunitas pula, sigma membuktikan bahwa mahasiswa dari  program studi matematika tak hanya mempelajari bidang ilmu pengetahuan mengenai besaran, struktur, ruang, dan perubahan saja, akan tetapi mampu mempelajari dan melestarikan kebudayaan demi keutuhan bangsa. Diakhir penampilan, Komunitas SIGMA juga menyuguhkan flashmob yang membuat rangkaian acara pada sore hari semakin meriah.

Spread the love

One Response

  1. Ilham yudk August 31, 2019

Leave a Reply