KOMITMEN DENGAN PENGUATAN KOMPETENSI LITERASI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, IPM KABUPATEN BREBES UNDANG DOSEN MPI SEBAGAI NARASUMBER DALAM WORKSHOP METODELOGI PENELITIAN

249 views

Kehidupan di Era Revolusi Industri 4.0 semakin kompleks. Generasi millenial dituntut untuk memiliki berbagai kompetensi yang dapat digunakan untuk survive.  Salah satu kompetensi yang harus dimiliki adalah literacy competency. Namun sungguh disayangkan literacy competency pada generasi muda bangsa Indonesia masih lemah. Sadar akan problem tersebut kemudian Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) kabupaten Brebes menyelenggarakan kegiatan “Madrasah Literasi”.

Salah satu pokok bahasan dalam kegiatan “Madrasah Literasi” adalah workshop metodelogi penelitian. Workshop tersebut diselenggarakan pada Jum’at 19 April 2019 di SMK Muhammadiyah Bumiayu. Tampil sebagai narasumber workshop Dr. Novan Ardy Wiyani, M.Pd.I, dosen prodi S1 Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Purwokerto.

Pada workshop tersebut narasumber menyampaikan beberapa tips yang harus dilakukan oleh seorang peneliti yang hendak melakukan penelitian-penelitian sosial. Workshop yang berlangsung secara interaktif dan komunikatif membuat peserta yang berasal dari para pelajar SMA dan SMK di kabupaten Brebes tergugah motivasinya untuk meneliti.

Ade Irma Setiawan selaku ketua panitia mengungkapkan bahwa tindaklanjut dari  workshop ini adalah IPM kabupaten Brebes akan menyelenggarakan kegiatan penelitian sosial secara kolektif yang akan dilakukan di wilayah Brebes Selatan. Hasil dari penelitian sosial tersebut kemudian akan diseminarkan dalam lingkup IPM.

Spread the love

Leave a Reply