JALIN KEMITRAAN DENGAN LPPM IAIN PURWOKERTO, MTs al-IHSAN BEJI KEDUNGBANTENG UNDANG DOSEN FTIK ISI SEMINAR PARENTING

149 views

Hidup di era millenial terasa semakin kompleks. Kompleksitas kehidupan tersebut dijumpai di semua sendi kehidupan dan dirasakan oleh setiap orang, termasuk oleh para orangtua. Orangtua kini mulai gelisah dengan berbagai problem yang melingkupi kehidupan masyarakat di era millenial, mulai dari problem hidup yang semakin materialis dan mengabaikan aspek spiritual, problem yang ditimbulkan dari penggunaan gadget, hingga problem terkait dengan keberadaan lingkungan masyarakat yang semakin tidak mendukung perkembangan karakter anak-anak.

Kekhawatiran para orangtua terkait dengan problematika kehidupan di era millenial adalah ketika anak-anak mereka ikut larut dalam problema tersebut. Berbagai upaya pun dilakukan oleh orangtua untuk mencegah agar anak-anaknya tidak terkena pengaruh negatif yang ditimbulkan dari gaya hidup materialis, penggunaan gadget secara berlebih, dan lingkungan yang kurang kondusif bagi perkembangan karakter anak. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyekolahkan anaknya ke madrasah, seperti Madrasah Tsanawiyah (MTs).

MTs al-Ihsan Beji Kedungbanteng Banyumas sebagai salah satu madrasah yang dipercaya oleh para orangtua dalam mendidik anak-anaknya sadar betul bahwa membentuk karakter anak di era millenial ini tidaklah mudah. Pembentukan karakter anak tidak cukup hanya dilakukan oleh guru. orangtua juga harus tetap andil dalam membentuk karakter anak. Ini berarti harus ada kolaborasi yang harmonis antara guru dengan orangtua dalam membentuk karakter anak. Untuk menciptakan kolaborasi yang harmonis tersebut kemudian pihak MTs al-Ihsan pada Sabtu 24 Agustus 2019 menyelenggarakan seminar parenting yang diikuti oleh seluruh wali murid. Hadir sebagai narasumber pada seminar tersebut Dr. Novan Ardy Wiyani, M.Pd.I dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Purwokerto. Kegiatan seminar parenting tersebut juga ikut diprakarsai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IAIN Purwokerto.

Spread the love

Leave a Reply