IMAKIPSI IAIN Purwokerto Mengikuti Rapat Kerja Wilayah di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

899 views

Pendidikan adalah parameter dari kemajuan sebuah bangsa, dan sekaligus merupakan faktor utama dalam pembangunan bangsa. Sehingga masalah pendidikan adalah masalah yang kerap dikaji, diperhatikan dan diprioritaskan dibanding masalah-masalah yang lainnya. Melihat tujuan dari pendidikan itu sendiri adalah untuk mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dan dapat menjawab tantangan masyarakat di masa depan. Salah satu cita-cita luhur dari bangsa ini yaitu tentang mencerdaskan kehidupan bangsa seperti yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alenia 4. Pendididkan pada dasarnya memiliki fungsi dan tujuan yang tercantum dalam UU No. 20 Tahun 2003 pada Pasal Pendidikan Nasional 3 berfungsi yaitu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis sertamerta yang sesuai dengan Undang-undang adalah pendidikan yang diharapkan bangsa ini. Pendidikan yang dapat membentuk manusia (human resource) yang cakap, cerdas, berkarakter kuat dan dapat membangun bangsa yang adil dan sejahtera.

Mahasiswa adalah salah satu unsur yang sangat penting dalam pendidikan. Karena mahasiswa memiliki peran yang lebih banyak dari pada yang lainnya. Mahasiswa harus dituntut untuk belajar, meneliti, bahkan mengabdi. Ketigannya kerap disebut Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu mahasiswa dapat mengambil peran mengawal dan mengevaluasi keberjalanan suatu pendidikan. Mahasiswa memiliki daya intektualitas yang tinggi dan analisis yang tajam. Sehingga sangat berpengaruh juga dalam perbaikan dan kemajuan pendididkan. Seperti yang telah terjadi pada nasib pendidikan bangsa saat ini, banyak sisi yang harus dibenahi dan diperbaiki untuk mencapai tujuan pendidikan yang sesuai Undang-undang. Banyak masyarakat yang belum merasakan pelayanan pendidikan. Disinilah peran mahasiswa sangat dibutuhkan. Mahasiswa yang peka dalam melihat masalah dan mencari solusi untuk segala permasalahan pendidikan.

Upaya dalam melakukan perbaikan dan menyikapi isu-isu yang ada dalam pendidikan dibutuhkan sebuah gerakan bersama yang masive dan terorganisir dengan baik. Mengingat wilayah nusantara yang sangat luas dan banyaknya masalah yang terjadi dewasa ini. Sebenarnya sudah ada upaya yang telah dilakukan oleh mahasiswa Indonesia. Beberapa organisasi kemahasiswaan serumpun sudah legal berdiri. Akan tetapi apabila dilihat dari peran dan kontribusnya, saat ini belum bisa mengawal dengan baik masalah-masalah pendidikan karena kurang masivenya gerakan-gerakan tersebut. Belum adanya orang-orang yang siap dalam menjalankan organisasi tersebut bisa juga menjadi masalah utama kenapa organisasi tersebut tidak berfungsi dan tidak bisa masive di seluruh nusantara khususnya wilayah Jawa, Bali, dan Nusa.

Berangkat dari pemikiran diatas, kami Ikatan Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan Seluruh Indonesia (IMAKIPSI) tergerak untuk turut aktif dalam membantu pemerintah mengatasi permasalahan pendidikan Indonesia. Oleh karena itu, IMAKIPSI bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan melaksanakan kegiatan “Musyawarah Wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Ikatan Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan Seluruh Indonesia” yang bertemakan “Satu Cita untuk Pendidikan Indonesia”. Musyawarah Wilayah Jawa, Bali, dan Nusa IMAKIPSI ini dilaksanakan atas arahan dari hasil RAKERNAS IMAKIPSI VIII yang dilaksanakan di Universitas Negeri Semarang, bahwa Universitas Ahmad Dahlan ditunjuk sebagai Pelaksana Musyawarah Wilayah Jawa, Bali, dan Nusa IMAKIPSI. Melalui Muswil IMAKIPSI ini, diharapkan dapat mengembangkan peran dan fungsi organisasi kemahasiswaan serumpun yang berwujud Ikatan Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan Seluruh Indonesia sebagai organisasi kemahasiswaan yang aspiratif, dinamis, dan responsive serta melahirkan pemimpin dan pengurus IMAKIPSI wilayah Jawa, Bali, dan Nusa yang bertanggung jawab terhadap amanah dan peka dengan kondisi pendidikan bangsa untuk memberikan kontribusi nyata dalam perbaikan pendidikan bangsa.

 

Hari : Ahad s.d Rabu

Tanggal : 29 Mei s.d 1 Juni 2016

Tempat : Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Kami dari IAIN Purwokerto mengirimkan sebanyak 2 delegasi, untuk mengikuti aktif acara tersebut. (Keluarga IMAKIPSI IAIN PWT. 2016)

Spread the love

Leave a Reply