IKA NURHANIFA, MAHASISWA PIAUD IAIN PURWOKERTO MERAIH PRESTASI BERKISAH TINGKAT NASIONAL

590 views

Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) semester lima, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto ini memang khas. Kelihatannya pendiam, tapi jika sudah beraksi di atas panggung, saat mendongengkan sebuah kisah atau cerita, maka penonton akan tertawa dan takjub. Tertawa karena Hani (nama panggilan) bisa lucu dan kocak dengan memainkan gerak dan suaranya saat mendongeng. Dan takjub karena tidak menyangka bahwa Hani yang pendiam ternyata memiliki potensi menjadi pendongeng yang hebat.

Kemampuan mengolah suara, gerak, ekspresi, dan keberaniannya membuat mendongeng menjadi miliknya. Saat naik panggung dan mendongeng, maka dongeng bisa dibuat apa saja. Rasanya seperti sedang menyaksikan Hani sedang memainkan sebuah permainan yang membuat penontonya tercengang. Karena potensi ini, mahasiswa PIAUD ini pun, saat pertama kali ikut kompetisi lomba mendongeng tingkat Kabupaten Banyumas, langsung menjadi juara satu. Dari prestasi pembuka ini, berbagai kejuaraan mendongeng tingkat lokal, regional, dan nasional pun diraihnya.

Dan prestasi terbarunya adalah Juara 2 Lomba Berkisah Mahasiswa Tingkat Nasional yang diselenggarakan Universitas Islam Negeri (UIN) Kalijaga Yogyakarta, yang diselenggarakan pada, Kamis, 7 Desember 2017. Di hadapan dewan juri dan ratusan penonton, Hani bisa menyajikan kisah Fabel Islami yang memukau, yang membuat penonton tersenyum-senyum senang. Hani pun berhasil meraih prestasi sebagai juara kedua dalam lomba ini.

Atas prestasi ini, Wakil Dekan III, bagian Kemahasiswaan dan Krejasama, Drs. H. Yuslam, M.Pd. mengungkapkan apresiasinya bahwa demikianlah yang saya harapkan dari mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Purwokerto agar selalu konsen dan inovatif dalam pengembangan keilmuanya masing-masing. Di sini Hani sebagai mahasiswa PIAUD dia bisa membuktikan bahwa dengan inovasi keilmuan mendongeng untuk anak usia dini, Hani bisa mengembangkan kemampuan dan bakatnya mendongeng, sehingga bisa mengantarkannya juara di tingkat nasional.

Jika semua mahasiswa bisa melakukan seperti apa yang dilakukan Hani, maka setiap mahasiswa FTIK di semua program studi pasti akan berprestasi karena mampu mengembangkan dan menginovasi keilmuannya masing-masing dengan baik. Maka harapan saya, ungkap Wakil Dekan III FTIK ini, mahasiswa terus belajar dan berkarya dalam menginovasi bidang keilmuannya masing-masing agar mampu berprestasi di tingkat nasional, sebab dengan prestasi ini maka jalan pekerjaan dan rezeki dalam bidang keilmuan akan mengalir. Mahasiswa bisa profesional sesuai dengan basis keilmuan prodinya masing-masing (Liputan Nur Hafidz, mahasiswa PIAUD IAIN Purwokerto).

Spread the love

Leave a Reply