IKA NUR HANIFAH, PENDONGENG MAHASISWA PIAUD IAIN PURWOKERTO DENGAN PRESTASI MEMBANGGAKAN

453 views

“Mendongeng adalah duniaku yang indah. Saat sedang mendongeng saya sangat bahagia dan gembira. Apalagi saat melihat anak-anak antusias mendengarkan dongeng, ini membuat saya semakin percaya bahwa mendongeng adalah duniaku. Melalui mendongeng saya berusaha mendidik anak-anak sebaik mungkin. Dan saya tidak menyangka, melalui mendongeng saya telah mendapatkan banyak hal penting untuk hidupku!”

 

Pernyataan di atas disampaikan oleh Ika Nur Hanifah, yang lebih dikenal dengan Kak Hani. Gadis kelahiran Purbalingga, 1 Agustus 1997, yang kini sedang menempuh pendidikan di IAIN Purwokerto, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Saat menyatakan hal di atas, Kak Hani menunjukkan ekspresi senang dan bangganya. Menurutnya, mendongeng kini telah menjadi tumpuan hidupnya.

Hobi terhadap dunia anak inilh yang membuat Kak Hani fokus mendalami dunia dongeng. Melalui dongeng Kak Hani dapat menyampaikan pengetahuan dan nilai dengan cara yang mudah diterima dan disukai anak. Kak Hani mulai mendalami dunia dongeng sejak tahun 2016, saat menjadi mahasiswa PIAUD IAIN Purwokerto. Melalui bimbingan Dr. Heru Kurniawan, M.A. selaku Kaprodi PIAUD IAIN Purwokerto, Kak Hani diajari teknik dan strategi mendongeng yang mudah dan berkualitas. Saat itu, Kak Hani belajar sungguh-sungguh belajar mendongeng.

Dengan semangat belajarnya yang tinggi, melalui kemampuan mendongengnya, Kak Hani telah meraih berbagai prestasi di tingkat nasional di antaranya: (1) Juara 1 Lomba Mendongeng Banyumasan 2016 Guru KB dan PAUD Kabupaten Banyumas; (2) Juara 1 Lomba Da’i dan Da’iyah 2017 di IAIN Purwokerto; (3) Juara 3 Lomba Mendongeng Nasional 2017 di UIN Walisongo Semarang; (4) Juara 2 Lomba Berkisah Nasional 2017 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; (5) Juara 1 Lomba Mendongeng se-Jateng dan DIY 2018 di IAIN Surakarta; (6) Juara 1 Lomba Mendogeng Nasional 2018 di IAIN Pontianak; (7) Juara 1 Lomba Berkisah Nasional 2018 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; (8) Juara 3 Lomba Bercerita Banyumasan 2019 Festival Literasi Gramedia di Banyumas; (9) Juara 2 Lomba Mendongeng 2019 di Universitas Muhammadiyah Purwokerto; dan (10) Juara 1 Lomba Mendongeng se-Jateng dan DIY 2018 di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dengan capaian prestasinya itu, Kak Hani kini menjadi pendongeng yang setiap  minggunya selalu ada yang memintanya mendongeng, baik di acara-acara sekolah mapun keluarga. Dan setiap ada kesempatan lomba mendongeng, Kak Hani selalu ikut. Hasilnya Kak Hani telah mendapatkan banyak juara. Kak Hani menyampaikan rasa senang telah masuk di Prodi PIAUD IAIN Purwokerto yang penuh iklim kreativitas tinggi. Kak Hani meyakini, ke depan Prodi PIAUD IAIN Purwokerto akan memiliki mahasiswa-mahasiswa pendongeng yang penuh dengan prestasi (Musyafa Ali, Mahasiswa PIAUD).

Spread the love

Leave a Reply