HMJ PBA FTIK IAIN PURWOKERTO BORONG 3 PIALA SEKALIGUS DALAM PARADE BAHASA ARAB DI PEKALONGAN

30 views

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan-Prestasi gemilang kembali diraih oleh mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto. Torehan prestasi kali ini dipersembahkan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) pada kegiatan Parade Bahasa Arab yang diselenggarakan IAIN Pekalongan pada tanggal 2-3 November 2018 kemarin. Adapun kegiatan ini diikuti oleh seluruh PTKIN dan beberapa PTKIS Se- Jawa Tengah-DI Yogyakarta.

Pada kegiatan Parade Bahasa Arab tersebut HMJ PBA FTIK IAIN Purwokerto mengirimkan 10 delegasi yang terdiri dari perwakilan mahasiswa PBA semester 1, 3 dan 5. Kegiatan ini dimulai pada hari tanggal 2 November 2018 yang diawali dengan musyawarah wilayah ITHLA DPW III di gedung pertemuan IAIN Pekalongan. Kegiatan musyawarah ini merupakan kegiatan rutin tahunan dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi HMJ PBA seluruh Indonesia khususnya wilayah III serta berdiskusi untuk mengembangkan keilmuan Bahasa Arab.

Kegiatan kemudian dilanjtukan pada hari Sabtu, 3 November 2018. Kegiatan lanjutan ini berupa perlombaan yang diikuti oleh seluruh HMJ PBA peserta musyawarah. Dari beberapa cabang yang diperlombakan HMJ PBA FTIK IAIN Purwokerto mengirimkan delegasi untuk mengikuti 5 cabang perlombaan yaitu cabang debat Bahasa Arab yang diwakili oleh Hasan Abu Rizal, Afif Fauzi dan Rachma Fitrah Sutaryanti. Cabang Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK) diwakili oleh Taqi. Cabang khitobah diwakili oleh Alfi dan Uswah. Cabang ghina ‘arabi diwakili oleh Ika Nur Fajriyati dan cabang syi’ir diwakili oleh Fika.

Dari 5 cabang perlombaan yang diikuti, HMJ PBA FTIK IAIN Purwokerto berhasil memboyong 3 piala sekaligus. Adapun piala-piala tersebut didapat oleh perwakilan HMJ PBA FTIK pada cabang debat Bahasa Arab yang memperoleh juara I dan cabang khitobah yang mendapat juara II dan III.

Hasan Abu Rizal selaku ketua HMJ PBA FTIK IAIN Purwokerto menyampaikan terima kasih kepada pihak FTIK yang telah memberikan fasilitas kepada HMJ PBA sehingga dapat mengirimkan delegasi pada acara tersebut. “ini adalah pengalaman berharga yang bisa dibagi oleh kami dengan harapan dapat mengharumkan nama FTIK IAIN PURWOKERTO dan dapat menjadi motivasi bagi seluruh mahasiswa untuk tidak gengsi dan terus berkarya” tegas Hasan.

Dengan tambahan tiga piala ini semakin menambah pundi-pundi prestasi FTIK IAIN Purwokerto pada tahun 2018 ini. Hal ini menjadi bukti keseriusan FTIK dalam rangka mencapai target Rektor IAIN Purwokerto yaitu “tahun 2018 merupakan tahun prestasi”. (ftw)

Spread the love

Leave a Reply