HMJ PAI sukses selengarakan Olimpiade PAI Se Eks Karisidenan Tingkat Wilayah V

390 views

Dalam rangka memantik semangat berprestasi peserta didik, HMJ Pendidikan Agama Islam IAIN Purwokerto adakan lomba Olimpiade PAI tingkat SLTA Se Eks Karesidenan wilayah tingkat V 2019.

Olimpiade PAI kali ini sudah ke Empat kalinya terlaksana sepanjang Empat tahun terakhir.

Minggu, (20/10/19) HMJ Pendidkan Agama Islam melangsungkan lomba yang bertempat di ruang kelas gedung Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto. Komposisi soal yang diujikan mengenai materi Fiqih, Akhlak, Al-Quran Hadits, dan SKI.

Sekitar 114 peserta dari 36 sekolah  ikuti olimpiade ini dengan antusias. Ini merupakan hasil yang meningkat dari pada tahun sebelumnya. Sekolah berasal berbagai dari kabupaten, ada kabupateb Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap, dan Brebes.

“Saya berharap, tahun depan kegiatan lomba ini bisa lanjut kejenjang yang lebih tinggi yaitu tingkat nasional agar lebih bergengsi dan kompetitif” tutur Bapak Mawi Khsuni selaku sekretarus jurusan dalam sambutannya

Teknis lomba olimpiade kali ini melalui 3 tahapan. Tahap pertama yaitu penyisihan, yang dalam tahap ini para peserta disediakan 50 soal meliputi Fiqih, Akhlak, Hadits, dan SKI. Kemudian dari babak pertama diambil 20 peserta dengan nilai tertinggi untuk melanjutkan ke babak kedua. Dalam babak kedua ini, masing-masing siswa diberi 5 soal lisan. Babak kedua ini menghasilkan 6 peserta dengan nilai tertinggi untuk lolos ke babak final. Babak final ini merupakan babak penentu, dalam babak final ini setiap siswa diberikan soal LCCI dengan dan dilanjutkan dengan sistem rebutan. Peserta dengan poin tertinggi yang menjadi pemenang.

Berikut ini adalah data para pemenang lomba:

Peringkat 1 diraih oleh SMA  N 2 Purwokerto, peringkat 2 oleh SMA N 1 Bumiayu, peringkat 3 oleh SMK Darul Abror Bukateja Purbalingga, peringkat 4 oleh SMA N 1 Kejobong Purbalingga, peringkat 5 oleh MAN 2 Brebes dan peringkat 6 diraih oleh MAN 2 Brebes

Kegiatan Olimpiade ini juga dimeriahkan berbagai penampilan, yaitu senandung sholawat hadrah PIQSI, paduan suara komunitas rumah bahasa, solo song komunitas rumah bahasa dan tak ketinggalan juga dari komunitas PIAUD Studio.

(Sumber: Website HMJ PAI FTIK IAIN Purwokerto; hmjpaiiainpurwokerto.blogspot.com)

Spread the love

Leave a Reply