FTIK IAIN Purwokerto Mengirimkan Mahasiswa untuk KKN dan PPL Ke Thailand

627 views

Seleksi mahasiswa KKN dan PPL di Thailand tahun 2016 merupakan seleksi untuk angkatan yang kelima. Seleksi ini dilakukan melalui beberapa tahap untuk mencari mahasiswa yang memiliki kompetensi sesuai dengan yang disyaratkan oleh pihak sekolah di Thailand yang bekerjasama dengan IAIN Purwokerto. Berbeda dengan tahun lalu, tahun ini, IAIN Purwokerto mengirimkan delapan orang mahasiswa yang akan ditempatkan di empat lembaga pendidikan diantaranya, Bakong Pitaya School, Sangtham Suksa Pattani School, Vitayasil School dan Jami’ah Islamiyah Syeikh Daud al Fathoni (JISDA).

Proses seleksi yang dilakukan oleh IAIN Purwokerto terbagi menjadi tiga tahapan, yakni tahap pertama yaitu seleksi administrasi, tahap kedua yaitu tes BTA/PPI, bahasa Arab dan Inggris serta bakat minat, dan tahap ketiga adalah leadership group discussion (LGD). Pada tahap administrasi, peserta diantaranya: Surat Rekomendasi dosen, Track Record berupa CV, Transkrip Nilai (IPK minimal 3,00), dan fotokopi KTM yang masih berlaku. Seleksi tahap kedua setelah tahap administrasi adalah tes baca tulis al Qur’an dan Praktek pengalaman ibadah, Tes Bahasa Arab dan Inggris serta tes bakat minat. Pada tahap tes BTA/PPI diuji oleh H. Mukhroji, M.Si sedangkan tes Bahasa Arab diuji oleh Drs. H. Yuslam, M.Pd.I dan tes bahasa Inggris oleh Yulian Purnama, M.Hum. Untuk tes bakat minat diuji oleh dua orang, yaitu Drs. H. Munjin, M.Pd dan Kholid Mawardi, S.Ag., M.Hum. Pada tahap kedua ini, setiap peserta diuji satu demi satu oleh para penguji sesuai dengan materinya, ada yang diminta mendemonstrasikan gerakan sholat, membaca Alqur’an, interview serta menerjemahkan teks berbahasa Arab-Inggris ke dalam bahasa Indonesia, dan ada pula yang diminta untuk mendemonstrasikan kemampuan bakatnya di depan penguji.

Setelah tahap kedua dilaksanakan, hari selanjutnya adalah tahap penentuan, yakni Leader Group Discussion. Pada tahap ketiga ini para peserta diuji kemampuan leadershipnya dan kemampuan memecahkan sebuah permasalahan yang disodorkan kedalam group diskusinya. Pelaksanaan tes ini, peserta dibagi kedalam kelompok-kelompok, lalu diberikan sebuah bacaan tentang isu permasalahan, lalu peserta diminta untuk berdiskusi. Para penguji menilai dari seberapa berani peserta berpendapat, seberapa logis pendapatnya serta seberapa baik sikapnya dalam menanggapi tanggapan kawannya. Pada tahap ini, tes dibantu oleh beberapa alumni PPL dan KKN Thailand yang ditunjuk oleh pihak institut.

Pengumuman hasil seleksi diberikan pada hari berikutnya. Kemudian, peserta diminta untuk mengurus pembuatan paspor. Selang beberapa hari setelah paspor siap, pihak kampus mengkomunikasikan hal tersebut kepada pihak Thailand untuk menyepakati waktu pemberangkatan ke Thailan.

Mahasiswa KKN dan PPL di Thailand memiliki beberapa tugas yang harus mereka lakukan di sana, diantaranya mengajar mata pelajaran melayu dan bahasa Inggris atau sesuai permintaan pihak sekolah, mengkondisikan siswa madrasah dalam kegiatan di Pondok Pesantren, membantu terkait dengan administrasi sekolah, serta membantu kegiatan keagamaan dalam masyarakat.

Spread the love

Leave a Reply