FOKUS DALAM PENINGKATAN MUTU, TK ABA KALIERANG-BUMIAYU KERJASAMA DENGAN PRODI PIAUD IAIN PURWOKERTO SELENGGARAKAN PARENTING

607 views

Upaya untuk meningkatkan mutu layanan PAUD bukan hanya ditempuh melalui proses akreditasi, tetapi juga melalui berbagai upaya yang dilakukan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan wali murid sebagai pelanggan eksternal PAUD. Untuk memenuhinya, maka pihak TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Desa Kalierang Cabang Bumiayu Kabupaten Brebes pada hari Jum’at 8 Februari 2019 menyelenggarakan kegiatan parenting yang dihadiri oleh seluruh wali murid di TK ABA Kalierang Bumiayu. Ibu Nurul Chikmah, S.Pd selaku kepala TK ABA Kalierang-Bumiayu menuturkan bahwa tujuan utama dari dilaksanakannya kegiatan parenting adalah untuk memberikan bekal pengetahuan, sikap dan keterampilan bagi para wali murid dalam mendidik anak usia dini di lingkungan keluarga.

Dr. Novan Ardy Wiyani, M.Pd.I sebagai narasumber dalam kegiatan parenting

Agar jalannya kegiatan parenting berlangsung optimal maka pihak manajemen TK ABA Kalierang Bumiayu melakukan kerjasama dengan program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Purwokerto. Prodi PIAUD kemudian mendelegasikan Dr. Novan Ardy Wiyani, M.Pd.I sebagai narasumber kegiatan parenting.

Materi yang diberikan dalam kegiatan parenting tersebut cukup ringan, yaitu seputar bagaimana tips dan trik mendidik anak usia dini agar menjadi pribadi yang berkarakter di era millenial. Materi parenting yang tergolong up to date membuat semua wali murid antusias mengikuti kegiatan parenting. Antusiasme tersebut bukan hanya ditunjukkan dengan keikutsertaan wali murid dari awal hingga akhir tetapi ditunjukkan dengan antusiasnya wali murid dalam melakukan kegiatan diskusi pasca narasumber menyampaikan materi.

Wali murid TK ABA desa Kalierang kecamatan Bumiayu kabupaten Brebes

Pada acara parenting di TK ABA Kalierang Bumiayu hadir pula kepala UPTD Pendidikan kecamatan Bumiayu bapak H. Taryono, M.Pd. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan bahwa perlu ada kerjasama yang sinergis antara pihak TK ABA dengan para wali murid dalam hal mendidik anak. Wali murid harus sadar betul bahwa anak di TK hanya sekitar 2 hingga 3 jam, selebihnya anak lebih banyak berinteraksi dengan orang tua. Ini berarti orangtua tidak serta merta menyerahkan tanggungjawab pendidikan anak kepada guru. Orangtua tetap menjadi pendidik yang utama dan pertama bagi anak usia dini.

Kepala UPTD Pendidikan kecamatan Bumiayu bapak H. Taryono, M.Pd sedang memberikan sambutan

Ibu Jaoza Wulandari, S.Pd sebagai guru TK ABA Kalierang Bumiayu menuturkan bahwa setelah dilaksanakan kegiatan parenting ia berharap para wali murid mau dan mampu proaktif untuk melakukan kerjasama dengan pihak guru dalam mendidik anak-anak mereka bukan hanya di lingkungan lembaga PAUD tetapi juga di lingkungan keluarga. Diakui ataupun tidak, keberhasilan anak dalam belajar di lembaga PAUD juga sangat dipengaruhi oleh bagaimana orangtua mendidiknya anak di lingkungan keluarga.

Spread the love

Comments (2)

  1. Marcha Dolicha February 13, 2019
  2. Marcha Solicha February 13, 2019

Leave a Reply