FESTIVAL ANAK KREATIF KE-5 PIAUD IAIN PURWOKERTO

337 views

‘‘Mengembangkan Kreativitas Anak Menuju Generasi Milenial Yang Berprestasi” adalah tema ini diangkat dalam kegitan Festval Anak Kreatif (FAK) yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PIAUD IAIN Purwokerto, sebagai program kerja sekaligus agenda rutinan tahunan mahasiswa PIAUD yang melibatkan seluruh lembaga TK, RA, KB, dan TPA se- Kabupaten Banyumas.

Kegiatan Festival Anak Kreatif (FAK) tahun ini dilaksanakan pada tanggal 17, September 2019, dan dilaksanakan di dua tempat yakni di Auditorium utama IAIN Purwokerto dan Gedung Studen Center (GSC). Adapun perlombaan yang diadakan yakni lomba menari, mewarnai, dan hafalan surat pendek. Lomba menari dan hafalan surat pendek dilaksanakan di Auditorium utama dan lomba mewarnai dilaksanakan di Gedung Student Center (GSC). Untuk lomba mewarnai di bagi menjadi dua kategori yakni kategori A1 dan A2, untuk A1 di tujukan untuk kategori umur 3-4 tahun dan A2 untuk kategori umur 5-6 tahun.

Tiga lomba yang dirangkai oleh panitia dengan meriah, para peserta datang berbondong-bondong sejak pagi untuk mengikuti pembukaan FAK ke-5 sampai menunggu pengumuman lomba. Anak-anak sangat antusias saat tampil didepan juri. Dengan adanya FAK  ini, anak-anak banyak mendapat pengalaman terutama sikap keberanian dan percaya diri. Bahkan orangtua menyakini betul, bahwa anak-anak perlu ada dukungan, pendampingan, dan kepercayaan dari orangtua sehingga perkembangan kreativitas anak dapat dicapai.

Acara tersebut dibuka oleh Dr. Subur M.Ag dan di hadiri oleh dosen-dosen PIAUD IAIN Purwokerto. Dalam sambutanya beliau sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan FAK tersebut. Beliau juga menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan kreativitas, imajinasi dan perkembangan motorik anak dapat berkembang dengan optimal. Acara di mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB. Diawali dengan pembukaan kemudian lomba-lomba di mulai, di pertengahan kegiatan lomba di selingi perfoma mendongeng bersama Dewi Wulan mahasiswa PIAUD, dan diakhiri dengan pembagian piala dan hadiah bagi pemenang lomba.

Kemudian, di tahun ke-5 ini panitia mengusung tema ”Mengembangkan kreativitas anak menuju generasi milenial yang berprestasi”. Dari tema tersebut Uktufia Biki Nihayah dalam sambutannya menyebutkan bahwa tujuan dari tema tersebut adalah diharapkan agar anak-anak dapat mengembangkan bakat, minat, dan mengasah kemampuan motoriknya.

Dr. Heru Kurniawan, M.A. selaku kepala jurusan PIAUD IAIN Purwokerto menyampaikan harapan untuk kegiatan  FAK selanjutnya, beliau berharap agar kegiatan kedepannya lebih baik lagi dan untuk jurusan PIAUD lebih baik dan lebih dikenal baik di kampus maupun kampus lain.

Laela Nur Afifah mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Purwokerto.

Spread the love

Leave a Reply