DOSEN MPI MENJADI NARASUMBER DALAM SEMINAR NASIONAL “PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0” BERSAMA KEPALA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN CILACAP

258 views

Kopleksitas menjadi suatu hal yang dijumpai dalam era revolusi industri 4.0. Kompleksitas hadir di setiap bidang kehidupan manusia dan saling mempengaruhi antara bidang yang satu dengan bidang yang lain, salah satunya seperti kompleksitas dalam perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang memberikan pengaruh di bidang pendidikan, baik itu pengaruh yang positif maupun pengaruh yang negatif. Pengaruh negatif yang ditimbulkan dari kompleksitas perkembangan TIK pada bidang pendidikan sebagian besar berhubungan dengan masalah perilaku siswa. Misal perilaku phobing dan sindrom nomophobia pada diri siswa, ketergantungan terhadap search engine dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah sehingga siswa memposisikan diri menjadi plagiator, kecanduan konten-konten pornografi, siswa berkepribadian ganda sebagai efek dari terlalu larut dalam berbagai jejaring sosial, dan lainnya.

Disadari ataupun tidak problema karakter siswa tersebut sekarang ini mudah sekali ditemui dan tentunya hal itu tidak boleh dibiarkan. Harus ada upaya preventif dan guru pun menjadi ujung tombak dalam penanganannya. Tentu hal itu bukanlah sesuatu yang mudah. Guru harus dibekali berbagai kompetensi yang relevan dengan karakteristik era revolusi industri 4.0. Untuk kepentingan itu kemudian STKIP Darussalam Karangpucung Cilacap pada Senin 22 Juli 2019 menyelenggarakan seminar nasional bertema “Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0”.

Hadir sebagai narasumber dalam seminar tersebut Drs. Budi Santosa, M.Si (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap) dan Dr. Novan Ardy Wiyani, M.Pd.I (Dosen IAIN Purwokerto). Kurang lebih seminar nasional tersebut diikuti oleh 450 peserta yang berasal dari dosen dan mahasiswa STKIP Darussalam, mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Cilacap, guru dan staf SMK Darussalam, guru dan staf TK Darussalam serta para guru dan pengawas di wilayah Cilacap Barat.

Spread the love

Leave a Reply