DOSEN MPI MENGISI PENYULUHAN PENDIDIKAN ANAK BERTEMAKAN “PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PEDESASAAN” BAGI MASYARAKAT DESA RAKIT BANJARNEGARA

51 views

Keberhasilan pembangunan nasional akan sangat ditentukan oleh keberhasilan pemerintah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan. Pemerintah desa Rakit kecamatan Rakit kabupaten Banjarnegara sadar akan hal itu dan berikhtiar seoptimal mungkin dalam memfasilitasi berbagai penyelenggaraan layanan pendidikan formal maupun nonformal. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyelenggarakan penyuluhan pendidikan bagi para aktivis PKK dan guru PAUD dengan tema “Pengembangan Sumber Daya Manusia di Pedesaan” yang dilaksanakan pada Kamis, 15 Agustus 2019 bertempat di balai desa Rakit.

Hadir sebagai narasumber dalam penyuluhan tersebut Dr. Novan Ardy Wiyani, M.Pd.I dari Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Purwokerto. Pada kegiatan penyuluhan narasumber menyampaikan bahwa suksesnya Singapura menjadi “Macan Asia” di tahun 2000an setelah berhasil meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dilakukannya sejak tahun 1970an. Pada saat itu pemerintah Singapura begitu concern meningkatkan mutu SDM-nya melalui peningkatan mutu layanan PAUD. Jadi pengembangan SDM yang berkualitas seyogyanya harus dimulai sejak dini. Anak-anak usia dini itulah yang kelak akan menjadi SDM bangsa yang berkualitas di masa mendatang.

Antusiasme peserta penyuluhan terllihat dari peran sertanya ketika kegiatan penyuluhan berlangsung. Tak ada satupun peserta yang meninggalkan tempat kegiatan dari jam 13.00 hingga jam 15.30. Peserta pun begitu antusias ketika mengikuti sesi tanya jawab.

Spread the love

Leave a Reply