DOSEN FTIK IAIN PURWOKERTO MERAIH PRESTASI INTERNASIONAL DALAM KERJA SAMA RISET DENGAN OSAKA UNIVERSITY JEPANG

868 views

Dalam rangka menjalankan salah satu tugas Tri Darma Perguruan Tinggi, serta memperkuat jejaring dengan perguruan tinggi kelas dunia, Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Purwokerto, Dr. Fajar Hardoyono, M.Sc. memperoleh kesempatan melakukan penelitian selama 45 hari di Laboratory of Nanobio Science, Department of Applied Physics, Graduate School of Engineering, Osaka University Jepang. Kegiatan penelitian ini merupakan bentuk kerjasama antara Kementrian Agama, IAIN Purwokerto, Osaka University, dan Japanese Halal Research Institute (JAHARI).

Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki sumber daya yang sangat baik dalam bidang ilmu sains dan teknologi, memiliki pusat penelitian produk pangan dan obat-obatan halal kelas dunia di bawah organisasi JAHARI.  Dalam rangka menyebarluaskan pengembangan riset bidang ilmu halal (halal science), JAHARI mengundang para dosen dan peneliti dari negara-negara Muslim untuk memperkuat metodologi penelitian bidang autentikasi halal di Osaka University.  Dan salah satu dosen dan peneliti yang diundang oleh JAHARI adalah dosen FTIK IAIN Purwokerto, Dr. Fajar Hardoyono, M.Sc.

Pada kesempatan penelitian kali ini, Dr. Fajar Hardoyono, M.Sc. diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan penelitian autentikasi produk halal. Sesuai dengan latar belakang keilmuwan di bidang ilmu sains dan teknologi, Dr. Fajar Hardoyono, M.Sc., melakukan kegiatan penelitian untuk mengidentifikasi kontaminan babi pada produk pangan dan obat dengan melalui analisis biomolekuler terkini berbasis polimerase chain reaction (PCR) dan electrochemical.

Selain itu, Dr. Fajar Hardoyono, M.Sc. juga diberi kesempatan untuk menghadiri acara sekaligus menjadi member organisasi Japan Society for Halal Science and Technology yang diselenggarakan oleh NPO Japan Halal Association mewakili dosen PTKIN Indonesia.

Bentuk kolaborasi ini diharapkan menjadi salah satu modal utama FTIK IAIN Purwokerto untuk terus berbenah dengan memperkuat kemitraan dengan perguruan tinggi serta pusat-pusat penelitian ternama dari seluruh dunia dalam rangka mendukung visi dan misi IAIN Purwokerto menuju perguruan tinggi berbasis riset di masa yang akan datang. Hal ini senada dengan visi utama IAIN Purwokerto menjadi perguruan tinggi Islam yang unggul dalam bidang pengembangan ilmu pengetahuan dan riset.

Dekan FTIK IAIN Purwokerto, Dr. Kholid Mawardi, M.Hum, memberikan apresiasi atas prestasi yang telah diraih oleh Dr. Fajar Hardoyono, M.Sc. Harapannya semoga ke depan akan banyak lagi dose-dosen FTIK IAIN Purwokerto yang mampu berprestasi di tingkat Internasional dalam bidang pengembangan riset dan keilmuaan, sehingga mampu memprakarsai terciptanya kerja sama antara FTIK IAIN Purwokerto dengan universitas-universitas Internasional. Redaksi FTIK

Spread the love

Leave a Reply