DEMA FTIK Launching LPM Skolastik

537 views

Kamis (15/4) Dewan Mahasiswa (DEMA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Purwokerto me-launching LPM baru, yaitu LPM Skolastik.  Ketua DEMA FTIK IAIN Purwokerto, Nailurrobikh, mengatakan bahwa LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) Skolastik merupakan media pengembangan kepenulisan dan jurnalistik yang digagas oleh Kementerian Informasi (Keminfo) sebagai wadah informasi dan publikasi di lingkungan FTIK IAIN Purwokerto. Nama Skolastik sendiri diambil dari istilah sekolah pada jaman dahulu.

“Pembentukan Lembaga Pers Mahasiswa ini disebabkan kurangnya publikasi secara massif terkait aktifitas mahasiswa FTIK yang mengakibatkan minimnya sumber informasi yang dapat diperoleh mahasiswa secara umum maupun jajaran birokrasi fakultas” lanjutnya saat menjelaskan alasan dibentuknya LPM tersebut.

Beberapa program kerja yang diusung LPM Skolastik antara lain; pelatihan jurnalistik, membuat buletin online, rapat kerja, serta membuat konten berita dan artikel (seperti berita kampus dan nasional, artikel evergreen, karya fiksi (opini, cerpen dan puisi), serta pers release). Nantinya, media ini dapat diakses melalui portal website (www.lpmskolastik.com) serta melalui akun media sosial lainnya seperti instagram, facebook, dan twitter.

Kegiatan yang diselenggarakan di kampus IAIN Purwokerto ini mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak bergengsi seperti SEMA (Senat Mahasiswa) FTIK yang diketuai oleh Nur Ashari, pihak birokrat dari Ibu Dr. Hj. Sumiarti, M. Ag selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan serta Bapak Dr. H. Suwito NS, M. Ag selaku Dekan FTIK.

Lebih lanjut, rencananya kegiatan open recruitment (oprec) LPM Skolastik kurang lebih akan dilaksanakan setelah kegiatan Semarak Ramadan DEMA FTIK selesai. Untuk struktur kepengurusan lembaga ini terdiri dari Pembina, Pimpinan Redaksi, Tim Informasi dan Teknologi (IT), Reporter, dan Editor” tutur Nailurrobikh. Rona, selaku Koordinator Keminfo DEMA FTIK sendiri menambahkan, bahwa ia merasa sangat senang dan antusias dengan adanya pembentukan LPM ini. Diharapkan dengan adanya LPM ini bisa menjadi wadah pengembangan bakat di bidang jurnalistik terkhusus mahasiswa FTIK. Dimana dengan adanya LPM ini dapat membentuk karakter kaum terpelajar yang kritis, solutif, serta bertanggung jawab, yang mana saat ini negara sangat membutuhkan banyak kaum terpelajar dalam kebebasan berdemokrasi.

“Harapan saya dengan adanya LPM baru ini menjadikan FTIK semakin maju dalam sektor media informasi dan menjadi sumber rujukan utama terkait isu dalam ranah kampus, regional maupun nasional yang sedang hangat” tutup Nailurrobikh antusias. (Solihah)

Spread the love

Leave a Reply