Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak Dengan Bermain

2,463 views

Kecerdasan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan individu dalam belajar. Kecerdasan juga dapat membuat individu meraih kesuksesan dalam hidupnya. Pernakah anda mendengar suatu anjuran yang berbunyi : ‘‘ Carilah istri yang cerdas upaya bisa mempunyai anak cerdas, karena kecerdasan itu diturunkan dari seorang ibu/ bunda’’. Memang ada benarnya anjuran tersebut. Ada seorang penelitian yang dilakukan Thomas Bouchard 1979, beliau mengumpulkan pasangan kembar terpisah dari seluruh dunia dan menguji kepribadian serta kecerdasan IQ mereka. Hasil diluar dugaan dari penelitian ini adalah kolerasi antara anak-anak adopsi yang dibesarkan bersama ternyata nol, jika bukan asuhan keluarga lalu apa yang menentukan IQ? Jawabannya adalah peran penting rahim seorang Ibu/ Bunda. Menurut studi yang lain mengatakan pewarisan kecerdasan anak 20% berasal dari asuhan keluarga, sisahnya berasal dari pembelajaran saat dalam kandungan, sekolah, dan teman sepergaulan. Kemampuan diatas anak dikatakan memiliki mutu kecerdasan atau kualitas kreativitas anak yang memiliki keunggulan untuk mengatasi masalah dengan menggunakan totalitas perangkat fisik, mental dan spiritual yang terdapat dalam diri semua anak.

Kecerdasan anak sangatlah penting untuk  masa depan untuk itu  perjuangkan sejak usia dini sampai seterusnya agar anak siap untuk menuju jenjang pendidikan selanjutnya.  Oleh sebab itu, ada permainan mudah yang bisa meningkatkan kecerdasan anak sebagai berikut.

Pertama, Tamgrams atau mencocokkan bentuk Permainan sederhana ini adalah alat yang sederhana namun menyenangkan. Dengan permainan sederhana ini, anak bisa diajarkan kesabaran dan pemecahan masalah. Permainan ini biasa terdiri atas berbagai bentuk seperti kotak, persegi panjang atau persegi serta potongan dengan berbagai bentuk. Potongan kecil-kecil tadi harus ditempatkan dalam kotak sehingga seluruh bentuk bisa terisi dengan potongan kecil. Anak akan banyak belajar seputar bentuk dan warna.

Kedua, Puzzle Kali ini permainan sederhana ini tentu sering dan mudah ditemui. Cobalah untuk melatihnya menyelesaikan gambar. Permainan puzzle jadi cara ampuh untuk melatih otak anak untuk berpikir runtut dan logis. Mulailah dengan puzzle dengan potongan sedikit. Secara perlahan, orang tua bisa meningkatkan level kesulitan untuk semakin mengasah otaknya.

Ketiga, Mencocokkan gambar Mama bisa menggunakan kartu bergambar atau barang-barang di sekitar rumah untuk bermain mencocokkan gambar. Permainan sederhana ini dapat mengembangkan memori dan mempertajam refleks anak. Mama bisa meminta si kecil mencocokkan warna yang sama atau mencocokkan kategori yang sama. Tentu saja bermain dengan kekuatan gambar atau visual jadi kegiatan yang menyenangkan.

Permainan untuk meningkatkan kecerdasan anak memang menjadi hal yang penting untuk pertumbuhan otaknya. Bermain tidak membuat anak merasa terpaksa dan menjadikan waktu belajar menjadi lebih menyenangkan. Anak akan mendapatkan pelajaran yang lebih banyak dengan cara menyenangkan dibanding memaksanya untuk duduk sambil belajar.

Spread the love

Leave a Reply