BASUNI, MAHASISWA BEASISWA BIDIKMISI YANG PENUH PRESTASI DARI PRODI TADRIS BAHASA INGGRIS

1,262 views

Dalam suatu kesempatan, pada Redaksi Eftik, Basuni, mahasiswa  penuh berprestasi dari Prodi Tadris Bahasa Inggris, FTIK-IAIN Purwokerto menceritkan perjuangan hidupanya bahwa baginya menjadi mahasiswa merupakan sebuah kesempatan yang sangat berharga dan luar biasa, yang tidak boleh disia-siakan. Karena, menurut Basuni, tidak semua orang berkesempatan untuk merasakan perkuliahan. Bisa duduk di sebuah ruang masa depan menimba ilmu dari dosen-dosen yang hebat.

Bagi Basuni, mahasiswa kelahiran Serang, 01 Januari 1997 ini, mahasiswa adalah tombak penerus bangsa. Mahasiswa merupakan masa depan bangsa. Jika sejak mahasiswa kita berkarya untuk berprestasi, maka kelak masa depan bangsa ini akan maju karena pada gilirannya, mahasiswalah kelak yang akan menjadi pemimpin bangsa ini. Keyakinan inilah yang membuat Basuni, saat diberi kepercayaan untuk menerima beasiswa Bidikmisi, Basuni tidak menyia-nyiakan.

Puji syukur, alhamdulillah, ungkap Basuni penuh bangga, diberi nikmat untuk menikmati bangku kuliah melalui beasiswa Bidikmisi. Hal ini dilakukan karena Basuni menyadari bahwa dirinya  terlahir dan dibesarkan dalam keluarga yang kurang mampu. Karena kenyataan ini, tekad Basuni ingin mengubah hidup keluarga sangat kuat, Basuni pun berusaha keras untuk sungguh-sungguh dalam menjalani perkuliahan sebagai kehidupan saya saat ini.

Kesungguhan Basuni diaktualisasikan langsung dengan bekerja dan berkarya sepanjang hari dalam menjalani hari-harinya sebagai mahasiswa. Basuni selalu tekun mengerjakan tugas-tugas perkulihan dari dosen. Dan di sisi lainnya, Basuni mengembangkan diri melalui dunia akademik. Usaha pengembangan dirinya yang tanpa lelah membuat Basuni sukses, setelah di penghujung tahun 2017, Basunia berhasil menjadi Duta Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)-IAIN Purwokerto.

Tentu saja prestasi terakhirnya ini bukan prestasi satu-satunya. Basuni menceritakan bahwa dalam dua tahun terakhir, Basuni sudah meraih 16 prestasi yang membanggakan FTIK-IAIN Purwokerto, baik pada tingkat nasional maupun internasional. Prestasi tingkat nasional yang diraih Basuni anatara lain: Juara 1 Pemuda Koperasi Se-Nusantara di selengarakan di UIN MALIKI Malang, Juara 3 lomba LEC (Lomba Cipta Esai) Nasional LPM Obsesi IAIN Purwokerto, Juara 2 Lomba Mahasiswa Berprestasi dan Terinspiratif Gebyar Mahasiswa Bidikmisi Nasional di Medan Indonesia.

Atas prestasi yang diraih mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Inggris ini, Yulian Purnama, M.Hum, selaku Kaprodi Tadris Bahasa Inggris ini, menyatakan rasa senang dan bangganya pada Basuni. Di Prodi Tadris Bahasa Inggris, Basuni adalah inspirasi bagi mahasiswa lain. Basuni adalah motor penggerak mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Inggris untuk terus kuliah dengan baik dan berkarya dengan tanpa lelah sehingga Prodi Tadris Bahasa Inggris akan terus melahirkan banyak Basuni lainnya, sehingga Prodi Tadris Bahasa Inggris akan lebih banyak mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi.

Untuk itu, Yulian Purnama, M. Hum, berharap semoga Basuni bisa terus berkarya dan berprestasi untuk mengharumkan nama Prodi Tadris Bahasa Inggris dan FTIK-IAIN Purwokerto sehingga kampus-kampus lain akan tahu bahwa system belajar yang bagus di FTIK-IAIN Purwokerto akan terus menciptakan mahasiswa-mahasiswa penuh prestasi yang membanggakan (Red Eftik).

Spread the love

Leave a Reply