BAKTI SOSIAL HMJ PBA IAIN PURWOKERTO

421 views

(Anak-anak TPQ sedang mengikuti acara)

Pada hari Senin, 20 Mei 2019 Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab telah melaksanakan program kerja yang pertama yaitu acara bakti sosial yang bekerja sama dengan Duta Purwokerto Mengabdi. Kegiatan tersebut diadakan di Musholla/TPQ Nasrulloh yang beralamat di Kampung Rahayu, Purwokerto.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan bakti sosial ini dihadiri pula oleh pengurus HMJ/HMPS, Ketua beserta pengurus Duta Purwokerto Mengabdi, Ustadz/Ustadzah TPQ, pengurus musholla dan warga setempat yang ikut menyaksikan.

Bakti sosial tersebut dimulai pada pukul 14.00 WIB dan berakhir hingga menjelang berbuka puasa. Kegiatan diawali dengan acara resmi yaitu sambutan-sambutan beserta pembukaan. Adapun yang membuka kegiatan bakti sosial ini adalah pengelola TPQ yakni ustadzah Endah. Selepas acara formal, dilanjutkan dengan acara non-formal berupa pembelajaran singkat bahasa Arab harian dan sedikit pengenalan tentang mufrodat (kosa kata) Bahasa Arab berupa nama-nama barang yang ada di lingkungan sekitar. Acara selanjutnya dari rangkaian bakti sosial tersebut berupa pemberian beberapa bantuan. Diantaranya berupa takjil (makanan ringan pembuka puasa) dan makanan lengkap lauk-pauk untuk berbuka puasa, pembagian sembako, serta uang pembinaan untuk pengajar TPQ dan pengurus musholla.

(Ketua Panitia sedang memberikan sambutan)

Ketua panitia, Nurul Dewi Asriani berharap “Semoga kegiatan bakti sosial di TPQ Nasrullah, Desa Rahayu ini dapat mempererat tali silaturahim antara mahasiswa IAIN Purwokerto khususnya Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dengan masyarakat sekitar. Nurul juga menyebutkan bahwa, meskipun bantuan yang diberikan tidak seberapa, namun semoga dapat bermanfaat dan memberikan motivasi bagi anak-anak santri di TPQ, serta membawa berkah tersendiri bagi masyarakat maupun para mahasiswa Jurusan PBA, terlebih amaliyah ibadah sosial ini dilaksanakan di bulan suci Ramadhan 1440 H.

(Perwakilan dari ustadzah TPQ sedang memberi sambutan sekaligus membuka acara)

Secara keseluruhan acaranya berlangsung cukup meriah, ada lebih dari 40 anak santri TPQ Nasrullah yang hadir dan ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Para santri TPQ juga diajari menyanyikan beberapa lagu atau nasyid berbahasa Arab yang sedang popular, dan mereka nampak gembira dan antusias sekali dalam menyanyikan lagu bahasa Arab yang diajarkan.  Tak sampai disitu, mereka semakin bersemangat manakala para mahasiswa HMJ PBA mengajak santri TPQ Nasrullah bermain kuis dan memberikan hadiah untuk anak-anak yang berhasil menjawab pertanyaan atau quis tersebut.

(Ketua DPM sedang memberi sambutan)

Meskipun acara berlangsung cukup lama, namun anak-anak tetap bertahan sampai penghujung acara sehingga acara tetap berjalan dengan cukup baik. Diakhir acara, panitia kegiatan bakti sosial mahasiswa PBA ini menyampaiakan terima kasih atas partisipasi berbagai pihak yang telah membatu terlaksananya kegiatan ini, dan mohon maaf apabila ada yang kurang atau tidak berkenan selama acara berlangsung.(Nurul DA)

(Foto bersama anak-anak TPQ Nasrulloh)

(Pemberian bantuan secara simbolis oleh Ketua HMJ PBA kepada ustadzah TPQ)

Spread the love

Leave a Reply