Alhamdulillah, FTIK Melepas 187 Calon Wisudawan dengan IPK Rata-rata 3,50 pada Periode Agustus 2019

47 views

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan kembali melepas 187 lulusan Sarjana di Auditorium Utama IAIIN Purwokerto, Senin, 8 Agustus 2019. Prosesi pelepasan yang dilaksanakan di Resto Oemah Daun ini berlangsung dengan hidmat, lancar dan meriah karena selain prosesi pelepasan juga diisi dengan hiburan.

Dr. Suparjo, M.A. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, dalam laporannya menyebutkan bahwa FTIK IAIN Purwokerto selalu berupaya menorehkan lulusan tiap tahunnya baik ditingkat fakultas maupun Institut. Selain kuantitas lulusan yang lebih banyak dari Fakultas lain, secara kualitas FTIK juga selalu nomor satu.

Pada wisuda periode Agustus 2019 ini 187 calon wisudawan FTIK yang dilepas terdiri dari 78 lulusan Prodi Pendidikan Agama Islam, 46 lulusan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 18 lulusan Manajemen Pendidikan Islam, 26 lulusan Pendidikan Bahasa Arab dan 10 lulusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Berbeda dengan pelepasan periode Februari 2019, pada pelepasan periode ini jumlah prodi yang berhasil meluluskan mahasiswanya bertambah dua yaitu Prodi Tadris Matematika (TM) dan Tadris Bahasa Inggris (TBI) yang masing-masing telah berhasil meluluskan 6 mahasiswa dan 3 mahasiswa angkatan pertama.

Waktu studi rata-rata tingkat Fakultas adalah 5 tahun 1 bulan, sedangkan waktu studi rata-rata untuk tingkat Prodi adalah 5 tahun 5 bulan untuk PAI, 5 tahun 9 bulan untuk Prodi PBA, 4 tahun 9 bulan untuk Prodi MPI, PGMI 4 tahun 6 bulan untuk Prodi PGMI sedangkan PIAUD 4 tahun 3 bulan. Dua prodi baru yaitu Prodi TMA dan TBI masing-masing meluluskan mahasiswa dengan masa studi 3 tahun 10 bulan. Mahasiswa dengan masa studi tercepat diraih oleh Laela Arwaechuerae dari Prodi TBI yaitu selama 3 tahun 7 bulan 10 hari.

Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) rata-rata tingkat Fakultas adalah 3,50. IPK rata-rata ini naik sangat signifikan dari pelepasan periode Februari yaitu 3,44. Sedangkan untuk prodi PAI 3,51, PBA 3,37, MPI 3,47, PGMI 3,55, PIAUD 3,59, TBI 3,66 dan TMA 3.49. IPK tertinggi tingkat Fakultas 3,91 diraih oleh Almi Solikhatun Kamaliyah dari Prodi PAI.

“Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah, pada periode wisuda kali ini FTIK jauh melampaui target yang ditetapkan. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata IPK tingkat fakultas sebesar 3,50 naik secara signifikan dengan periode sebelumnya yaitu 3,44” tegas Suparjo.

Selain memberikan penghargaan kepada mahasiswa dengan predikat tersebut di atas,Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan juga memberikan penghargaan kepada mahasiswa dengan naskah skripsi berbahasa asing. Pada pelepasan periode ini, FTIK memberikan penghargaan kepada 12 Mahasiswa yang menulis naskah skripsi berbahasa Arab dan 5 mahasiswa yang menulis naskah skripsi berbahasa Inggris.

Dekan FTIK, Dr. Suwito, M.Ag.. dalam pidato sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan studinya dan memberikan nasehat kepada para wisudawan agar memanfaatkan peluang sekecil apapun dalam berkarir. “Setelah lulus Anda harus dapat memanfaatkan peluang sekecil apapun karena peluang dan kesempatan tidak datang dua kali” pangkasnya.

Selain agenda pelepasan calon wisudawan, FTIK juga memberikan pembekalan kepada calon Alumni dengan tajuk workshop entrepreneur yang diisi oleh trainer nasional. Kegiatan workshop ini bertujuan agar calon alumni dapat menentukan arah setelah lulus. Selain diharapkan dapat berkarir sesuai disiplin ilmu juga dapat menjadi wirausahawan. (ftw)

Spread the love

Leave a Reply