31% Wisudawan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Lulus dengan Predikat “Cumlaude”

1,928 views

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan melepas 194 lulusan Sarjana di Auditorium Utama IAIIN Purwokerto, Selasa 20 Februari 2018. Acara yang dihadiri oleh seluruh civitas akademika FTIK IAIN Purwokerto ini berlangsung dengan lancar dan meriah. Menurut Dr. Fauzi, M.Ag. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, dalam laporannya menyebutkan bahwa FTIK IAIN Purwokerto selalu menorehkan rekor pencapaian target lulusan ditingkat Institut. Selain kuantitas lulusan yang lebih banyak dari Fakultas lain, secara kualitas FTIK juga selalu nomor satu. Hal ini dibuktikan disabetnya dua penghargaan sekaligus pada raker 2018 yaitu penghargaan atas pencapaian lulusan dengan rata-rata IPK tertinggi dan pencapaian lulusan dengan masa studi tepat waktu tingkat IAIN Purwokerto. Fauzi menambahkan bahwa pada pelepasan periode ini 31% lulusan mendapatkan predikat “cumlaude” atau “pujian”.

Pada wisuda periode Februari 2018 ini 194 mahasiswa FTIK yang dilepas terdiri dari 78 lulusan Prodi Pendidikan Agama Islam, 62 lulusan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 31 lulusan manajemen Pendidikan Islam dan 23 lulusan Pendidikan Bahasa Arab.. Waktu studi rata-rata tingkat Fakultas adalah 4 tahun 10 bulan, sedangkan waktu studi rata-rata untuk tingkat Prodi adalah 5 tahun 1 bulan untuk PAI, 5 tahun 1 bulan untuk Prodi PBA, 4 tahun 9 bulan untuk Prodi MPI dan PGMI 4 tahun 8 bulan untuk Prodi PGMI. Mahasiswa dengan masa studi tercepat diraih oleh Diah Anggun Rinasih dari Prodi Pendidikan Guru MI yaitu selama 3 tahun 11 bulan 24 hari. “Alhamdulillah walaupun secara kuantitas jumlah lulusan berkurang namun masa studi lulusan lebih cepat dari tahun sebelumnya, dan ada banyak yang lulus dengan masa studi kurang dari 4 tahun” Tegas Fauzi.

Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) rata-rata tingkat Fakultas adalah 3,38, sedangkan untuk prodi PAI 3,38, PBA 3,35, MPI 3,44 dan PGMI 3,37. IPK tertinggi tingkat Fakultas 3,80 diraih oleh Fina Anjaryani dari prodi Pendidikan Guru MI.

Selain memberikan penghargaan kepada mahasiswa dengan predikat tersebut di atas,Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan juga memberikan penghargaan kepada mahasiswa dengan naskah skripsi berbahasa asing. Pada pelepasan periode ini, FTIK memberikan penghargaan kepada 13 Mahasiswa yang menulis naskah skripsi berbahasa Arab dan 2 mahasiswa yang menulis naskah skripsi berbahasa Inggris.

Dekan FTIK, Kholid Mawardi, S.Ag., M.Hum. dalam pidato sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan studinya. “Proses perkuliahan yang Anda lalui selama ini memang tidaklah mudah, banyak cobaan dan tantangan yang dihadapi selama studi. Semua ini bisa berhasil berkat perjuangan Anda dan orang tua,” pangkasnya.

Dalam kesempatan itu, Dekan mengajak para wisudawan untuk selalu bersyukur atas semua yang telah dicapai dan perlu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimiliki. “Harus mampu meningkatkan kemampuan daya saing dan daya tahan, ternyata daya tahan itu paling penting. Kalau pun gagal, harus bangkit dan maju kembali,” terangnya.

Menurutnya, Alumni FTIK IAIN Purwokerto harus bisa berkarya untuk meningkatkan kualitas manusia di Indonesia. Harapannya alumni dapat membuat yayasan pendidikan formal atau nonfromal di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Selain itu beliau juga berharap alumni FTIK tidak hanya berorientasi mendapat pekerjaan tetapi juga berorientasi menciptakan lapangan kerja. (Ftw)

Spread the love

Leave a Reply